oleh

Ketua Forun KKS Andi Sri Widiyati Irwan Pantau Kesiapan Lokus Penilaian Kabupaten/Kota Sehat

Pinrang-Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Pinrang Hj. Andi Sri Widiyati Irwan Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Drg. Dyah Puspita Dewi dan jajaran pengurus KKS meninjau secara langsung beberapa Lokus yang akan diverifikasi oleh Tim Verifikator Pusat dalam waktu dekat ini. Jumat (1/10/2021).

Titik Lokus yang dikunjungi Rombongan Ketua KKS Pinrang diantaranya Kantor Camat Watang Sawito, Terminal Pasar Sental Pinrang, Kantor Dinas PMPTSP, Dinas Sosial, Dan Pantai Wisata Salopi.

Pada kunjungannya di kantor Camat Watang Sawitto Rombongan dari ketua TP-PKK Kabupaten Pinrang Disambut oleh Camat Watang Sawitto Andi Sinapati Rudi, SE Bersama Jajarannya yang sedang melaksanakan kegiatan Jum’at Bersih, Andi Ugi sapa’an akrab Camat Sawitto dalam komentarnya mengatakan kegiatan kerja bakti atau bersih bersih yang digelar pemerintah kecamatan watsng Sawitto merupakan kegiatan rutin yang digelar di hari Jum’at,

” Kerja bakti yang digelar hari ini dikantor Camat Sawitto selain merupakan program rutin dari pemerintah kecamatan, kegiatan bersih-bersih kali ini juga sebagai persiapan dalam mengikuti lomba kabupaten sehat yang akan digelar dalam waktu dekat ini, ” Tutup Andi Ugi.

Setelah meninjau kesiapan dari Kantor Camat Watang Sawitto, Rombongan dari Ketua TP-PKK Kabupaten Pinrang juga mengunjungi Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Serta Kantor Dinas Sosial Kabupaten Pinrang yang berada di Jl. Jend. Sukawati Kel. Maccorawalie Kecamatan Watang Sawitto.

Selain mengunjungi beberapa kantor pelayanan, Rombongan dari Ketua TP-PKK Kabupaten Pinrang juga mengunjungi Pasar Sentral Pinrang dan Terminal Pasar Sentral, dimana pada lokus tersebut sedang dilaksanakan kegiatan bersih-bersih yang dilakukan oleh gabungan dari beberapa Dinas.

Gabungan Dinas yang sedang melakukan kegiatan Jum’at Bersih di Pasar Sentral dan Terminal Pasar Sentral Dipimpin lansung oleh Kadis Perhubungan, Tim Pembersih Drainase Dinas PerkimLH, Serta Personil dari Dinas PUPR Kabupaten Pinrang.

Pada pelaksanaan pemantauan persiapan lomba kabupaten sehat Ketua Forum KKS juga mengunjungi salah satu bank sampah di Desa Pincara Kecamatan Patampanua, dan Lokasi terakhir yang dikunjungi Rombongan Ketua Forum KKS Pinrang dalam rangka memantau persiapan mendapatkan Adipura wistaraya yang ke-4 secara berturut-turut yakni pantai wisata Salopi Kecamatan Lembang.

Untuk diketahui, Kabupaten Pinrang telah meraih predikat Swasti Saba Wistara sebanyak 3 kali secara berturut-turut. Penghargaan tertinggi dua tahunan ini merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kabupaten/kota sehat dari Kementerian Kesehatan. Untuk tahun ini, Pemerintah Kabupaten Pinrang bersama Forum KKS Pinrang berupaya untuk kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang ke empat.

Penghargaan KKS Swasti Saba Wistara diselenggarakan sejak tahun 2005, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005. Penghargaan KKS Swasti Saba Wistara sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat.

Komentar

News Feed