oleh

Forum Indonesia Bangkit Vol.3: Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022

 

JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia.

Salah satunya dengan membangun optimisme para pelaku usaha dan masyarakat melalui rangkaian Forum Indonesia Bangkit yang diselenggarakan sepanjang 2021.

Bertepatan dengan Ulang Tahun ke-66 CIMB Niaga, Forum Indonesia Bangkit kembali hadir secara spesial dengan mengusung tema “Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022”.

Forum kali ini mengulas strategi pertumbuhan ekonomi dan bisnis, membangkitkan optimisme, dan meningkatkan daya beli masyarakat menuju Indonesia berdaya 2022.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengapresiasi langkah pemerintah yang tidak pernah surut dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan melibatkan semua elemen bangsa, termasuk dunia usaha dan perbankan.

CIMB Niaga meyakini meskipun pandemi COVID-19 masih terjadi, namun selalu ada harapan untuk bangkit.

“Sejarah membuktikan, Indonesia selalu mampu keluar dari tekanan krisis, tumbuh, dan bangkit lebih kuat lagi. Karena itu, kami optimis untuk mewujudkan Indonesia Berdaya 2022. Tanggung jawab bersama ini kita upayakan sekuat tenaga dengan mengedepankan semangat nasionalisme dan kolaborasi dari semua pihak,” kata Tigor di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Sebagai wujud nyata dukungan tersebut, CIMB Niaga berkomitmen untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi melalui sumbangsih tidak hanya dari sisi bisnis namun berbagai inisiatif lainnya.

Mulai dari mendukung penuh berbagai program stimulus pemerintah seperti mengimplementasikan program restrukturisasi dan relaksasi kredit bagi nasabah yang memenuhi ketentuan.

Melalui program ini, CIMB Niaga membantu nasabah agar bisa menghadapi tantangan dan mempertahankan kelangsungan bisnisnya di tengah pandemi.

CIMB Niaga juga mengoptimalkan layanan digital banking untuk memudahkan layanan kepada nasabah.

Layanan bagi nasabah Consumer diarahkan melalui Super App OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks, sedangkan nasabah Business menggunakan BizChannel@CIMB dan BizChannel@CIMB Mobile.

Per 30 Juni 2021, 96% dari total transaksi finansial nasabah telah dilakukan melalui layanan digital banking channels.

Tigor melanjutkan, sebagai wujud dukungan nyata kepada pemerintah, nasabah, karyawan, dan masyarakat di masa pandemi, CIMB Niaga juga menginisiasi gerakan sosial #SolidLawanCovid yang bertujuan membantu masyarakat yang terdampak dan mendukung perjuangan para tenaga medis.

Adapun untuk mempercepat vaksinasi nasional guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), CIMB Niaga aktif dalam program vaksinasi baik secara internal melalui Vaksinasi Gotong Royong maupun bersama industri perbankan yang ditujukan bagi masyarakat umum, nasabah, karyawan, dan keluarga karyawan bank.

CIMB Niaga percaya keberhasilan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat oleh semua pihak akan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Kami juga terus berinovasi untuk menghadirkan produk-produk yang sejalan dengan kebijakan keuangan berkelanjutan (sustainability finance).

“Antara lain melalui dua program pembiayaan yaitu Sustainability Linked-Loan/Financing (SLL) dan Sustainable Financing.

“Kedua program ini bertujuan untuk mendukung pencegahan dampak perubahan iklim, ekonomi rendah karbon, dan tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” kata Tigor.

Forum Indonesia Bangkit Vol.3 menghadirkan pembicara-pembicara utama dari berbagai sektor.

Mulai dari jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyampaikan keynote speech mengenai Strategi Kerja Pemerintah Bidang Ekonomi Tahun 2022 untuk Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menyampaikan paparan terkait “Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional 2022” dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang berbagi pandangan tentang “Optimisme Investasi 2022: Kontribusi Pemulihan Ekonomi”.

Selain itu, para pelaku usaha juga menjadi nara sumber seperti Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan, CEO Grup Indika Energy Azis Armand, Chairman Garudafood & DAW Group Sudhamek AWS, serta CEO GoTo Andre Soelistyo. Masing-masing menyampaikan pandangan mewakili sektor usaha yang dijalani.

Komentar

News Feed