oleh

Tingkatkan Kompetensi Pegawai, Rutan Pinrang Gandeng Yonif 721 Makkasau Latihan Menembak

RUTAN PINRANG — Tingkatkan kompetensi Pegawai dalam bidang keamanan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang kerja sama dengan Batalyon Infanteri (Yonif) 721 Makkasau Pinrang menggelar latihan menembak yang bertempat di Lapangan Tembak Yonif 721 Makkasau, Malimpung, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang, Sabtu (28/8/2021).

Kegiatan diawali dengan sambutan selamat datang dari Komandan Yonif (Danyonif) 721 Makkasau, Letkol Inf. Andika Arif Prihantoro, Ia menyampaikan rasa bangga atas pelibatan Personelnya dalam mendukung Tugas dan Fungsi (TUSI) Pemasyarakatan dalam bidang keamanan.

“Kami merasa terhormat, karena dipercaya menjadi instruktur dalam latihan menembak ini, semoga apa yang dijelaskan dan diperagakan anggota kami dapat diterima dengan baik. Percayalah, personel yang kami tunjuk sebagai instruktur adalah penembak jitu dan terbaik di kesatuan kami.” Ungkapnya.

Sementara itu, Karutan Pinrang, Wahyu Trah Utomo, menghimbau kepada seluruh jajarannya agar mengikuti dengan baik instruksi yang disampaikan oleh instruktur saat latihan menembak.

“Saya tekankan, kepada rekan-rekan Pegawai Rutan Pinrang, saat memasuki area lapangan menembak, agar benar-benar mendengarkan arahan dan SOP yang disampaikan oleh Instruktur, jangan ada gerakan tambahan. Ingat keselamatan kita adalah yang utama.” Himbaunya.

Berjumlah 40 orang Pegawai Rutan Pinrang mengikuti latihan menembak. Didampingi kurang lebih 25 instruktur dari Pesonel Yonif 721 Makkasau Pinrang. Instruktur dikoordinatori oleh Letda Inf. Dimas Ardian Wicaksana.

Senjata yang digunakan merupakan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang diperuntukkan bagi Petugas Pemasyarakatan. Terdapat dua jenis senjata yang dipakai, pertama senjata laras panjang berjenis shootgun tipe SG1 dan senjata api berjenis pistol pindad P3. Sedangkan, amunisi yang digunakan berjenis karet.

Sebelum memulai latihan, Letda Inf. Dimas terlebih dahulu menjelaskan hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan selama berada di Area Lapangan Tembak. Ia juga memperagakan cara memegang pistol dan shootgun yang benar, cara mengisi peluruh dan cara mengokang. Semuanya dijelaskan secara jelas dan detail.

“Ingat, saat memegang dan mengisi peluru baik pistol maupun shootgun, pastikan selalu menghadap ke depan. Jangan sembarang arahkan senjata selain arah bidikan, setelah senjata dikokang.” Terangnya.

Latihan menembak ini dimulai pukul 09.00 Wita hingga 15.00 Wita. Perserta latihan dibagi dalam 8 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang. Tiap orang menembakkan 10 peluruh untuk shotgun dan 5 peluruh untuk pistol. Kegiatan ini berjalan lancar dan aman, kemudian diakhiri dengan foto bersama.

Kontributor: Humas Rutan Pinrang

Komentar

News Feed