oleh

Berinvestasi Secara Legal dan Logis

KOLAKA – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 25 Agustus 2021 di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Bangkit dari Pandemi dengan Literasi Digital”.

Program kali ini dipandu Arie Mega dari Katadata sebagai moderator dan menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari Direktur Regional ICSB Jatim, Meithiana Indrasari; komika & kreator konten, Ovil Putra; Public Speaking Coach & Digital Trainer, Maya Oktharia; serta pengamat investasi, Ridhoni Marisson Hasudungan. Kegiatan webinar kali ini diikuti oleh 692 peserta dari berbagai kalangan. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Pemateri pertama, Meithiana, membawakan materi kecakapan digital dengan tema “Transformasi Bisnis Dunia Digital”. Menurut dia, untuk meningkatkan kesejahteraan melalui digital marketing, mula-mula kita mesti mengubah pola pikir bisnis yang membutuhkan kuantitas besar, perijinan, akses pembiayaan, serta pasar yang rumit. Selanjutnya, memaksimalkan promosi dan perluas jaringan, perkuat branding serta analisis pasar terus menerus.

Berikutnya, Ovil menyampaikan materi etika digital berjudul “Sosialisasi E-Pasar bagi Pelaku UMKM”. Ia mengatakan, agar dapat bertahan di era digital, UMKM harus beradaptasi dengan perubahan, tangkas, kreatif, dan terus belajar. Sehingga kehadiran e-pasar di era digital akan dapat memajukan perekonomian dengan sistem ekonomi kreatif.

Pemateri ketiga, Maya, membawakan tema budaya digital tentang “Peran Literasi Digital untuk Mengubah Pola Pikir Konsumtif Menjadi Lebih Produktif”. Menurut dia, menjadi konsumen yang cerdas dan bijak dapat dilakukan dengan meneliti kembali kebutuhan konsumsi, mencermati tawaran promosi, hindari panic buying dan stalking toko daring, serta tentukan skala prioritas. “Disiplin menyusun anggaran belanja dan gunakan waktu luang untuk membaca hal bermanfaat,” pesannya.

Adapun Ridhoni, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema keamanan digital mengenai “Cara Aman Berinvestasi Daring”. Ia mengatakan, kunci utama agar aman berinvestasi daring adalah dengan memastikan legalitas instrumen investasi yang akan kita pilih. Perhatikan apakah skema investasi tersebut masuk akal, sepadan antara waktu, resiko dan potensi keuntungannya.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Antusiasme para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber dihargai panitia dengan memberikan uang elektronik senilai Rp100.000 bagi 10 penanya terpilih. Salah satu pertanyaan menarik peserta adalah tentang bagaimana tips mengatasi dorongan konsumtif dari promosi paylater lokapasar. Narasumber menyarankan untuk menanamkan prinsip kesadaran tentang paylater adalah hutang. Selanjutnya, pahami resiko dan sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan kita.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.(***)

Komentar

News Feed