oleh

Pentingnya Literasi Digital untuk Tenaga Pendidik

MUNA – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, kali ini dilaksanakan secara virtual pada 24 Agustus 2021 di Muna, Sulawesi Tenggara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Kegiatan dengan tema “Menjaga Kualitas Belajar dari Rumah” ini diikuti 814 peserta dari berbagai kalangan. Terdapat empat narasumber yang mengisi webinar ini, di antaranya Ashar Dulu selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna; Jemianto Allokendek selaku koki Masakan Nusantara dan konten kreator; Burhanuddin selaku Ketua Cabang Khusus PGRI Diknas Kabupaten Muna; serta Titin Chomariah selaku psikolog, dosen, dan asesor.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Noni Arnee. Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Ashar Dulu, selaku pemateri pertama, memaparkan tema “Menjaga Kualitas Belajar dari Rumah”. Ia menuturkan beberapa kendala yang terjadi saat belajar daring, di antaranya teknologi yang belum optimal dan dan belum adanya akses internet di daerah tertinggal. Kemudian, ia memaparkan mengenai komponen-komponen dalam pembelajaran mandiri yang mencakup sifat yang harus dimiliki, proses pembelajaran, dan juga isinya.

Selanjutnya, Jemianto Allokendek sebagai pemateri kedua mengangkat tema “Upaya Mencegah, Mendeteksi, dan Menyikapi Perundungan Siber”. Jemi menggarisbawahi hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi perundungan siber, seperti mencegah, mendeteksi, dan menyikapi. Selanjutnya, pemaparan dilanjutkan oleh Jemi dengan memberikan contoh dari perundungan siber. Tidak hanya itu, Jemi turut memberikan tips kepada para orangtua untuk menyayangi dan mengenali anak mereka, serta menghadiri acara-acara kegiatan mereka.

Untuk pemateri ketiga, tema yang dibawakan adalah “Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital” yang disampaikan Burhanuddin. Ia mengatakan, “Literasi digital merupakan suatu hal yang sangat penting untuk para guru dan anak didik sehingga janganlah kita meningkatkan literasi digital hanya karena pandemi Covid-19 saja”. Kemudian, ia menuturkan sejumlah tantangan yang dihadapi, seperti adanya kendala pada pemanfaatan teknologi informasi dan kurangnya dana dalam digitalisasi pendidikan.

Sebagai pemateri terakhir, Titin Chomariah membawakan tema “Tips Menjaga Keamanan Digital Bagi Anak-anak di Dunia Maya”. Ia menjelaskan cara untuk mengenalkan internet kepada anak, salah satunya adalah memperkenalkan anak dengan konten yang sesuai umurnya. ”Secara khusus, pengasuhan digital harus disesuaikan dengan fase pertumbuhan anak,” ujarnya.

Setelah sesi pemaparan selesai, moderator membuka sesi tanya jawab yang kemudian disambut hangat oleh para peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada para narasumber. Sebanyak 10 pertanyaan yang terpilih akan mendapatkan uang elektronik masing-masing sebesar Rp100.000.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. Adapun, salah satu peserta, Feri, bertanya mengenai tips untuk guru agar siswa tetap fokus dalam belajar daring. Menurut Burhan, kita sebagai guru dapat meningkatkan literasi digital agar tidak tertinggal dengan para siswa lain.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.(***)

Komentar

News Feed