oleh

Warga Minta Polres Gowa Tutup Tambang Galian C di Desa Panyangkalang Yang Membuat Resah

-Berita-214 views

GOWA – Tambang galian C beroperasi di Rannaya Dusun Ciniayo Desa Panyangkalang Kec. Bajeng, Jumat, 20 Agustus 2021 siang, membuat resah warga.

Menurut warga yang melaporkan, jika proses pengerukan ini berkedok percetakan sawah. Ditelusuri Tim Pencari Fakta Infomakassar.net, Sabtu, 21 Agustus 2021 di lokasi, dihimpun dari beberapa sumber dari internal pengelola maupun masyarakat, rupanya pengerukan ini secara mandiri dilakukan tanpa dibekali administrasi.

“Beroperasi sekitar 2018 sampai sekarang,” kata warga setempat RM.

Tidak hanya itu, jauh ke dalam, salah satu pihak pengelola menyebutkan jika izin yang dikantongi itu hanyalah percetakan sawah. “Ia percetakan sawah,” tuturnya.

Lanjut, janji percetakan sawah ini di luar fakta atau sekedar iming-iming saja. Masyarakat sekitaran lokasi ini meminta agar proses itu dihentikan karena meresahkan warga.

Dari pantauan, tanah yang sudah dikeruk ini diperkirakan mencapai dikedalaman hingga 20 meter. Dan tidak hanya satu tapi berbagai titik lokasi di Desa Panyangkalang dikeruk.

Alasan mereka meminta proses penambangan itu dihentikan karena lingkungan warga kotor dari aktivitas kendaraan truk yang melintas di depan rumahnya.

Tidak hanya itu, dampak lingkungan juga dapat mengancam warga sekitar ketika sewaktu-waktu hujan melanda dan lainnya.

“Kalau bisa kami meminta agar pihak pengelola menghentikan aktivitas ini. Kalau bisa aparat setempat seperti Desa segera mengambil tindakan. Kami juga meminta Polres Gowa turun dan memeriksa pihak pengelola,” harap RM.(bersambung)

Komentar

News Feed