oleh

Manfaatkan Keunggulan Digital untuk Kemapanan Finansial

MOROWALI UTARA – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” kembali menyapa warga Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Pada 18 Agustus 2021, diselenggarakan secara virtual, webinar dengan tema “Sejahtera Lewat Dunia Digital”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Program kali ini dipandu oleh Arin Swandari sebagai moderator dan menghadirkan empat narasumber, yaitu Community Partnership Manager di Multinational Tech Company, Stephanie Sekar; CEO WASD Lab, Ahyar Muawwal; pemengaruh (influencer), Yoshua Richard; serta dosen sekaligus praktisi hukum, Muhammad Aljebra Aliksan Rauf. Kegiatan webinar kali ini diikuti oleh 712 peserta dari berbagai kalangan umur dan profesi. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Pemateri pertama, Stephanie Sekar, membawakan tema “Digital Skill: Peran Literasi Digital di Dunia Marketplace”. Stephanie menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan jual beli daring. “Sebelum berjualan daring, siapkan konten, tentukan e-dagang, pelajari fitur yang disediakan, pilih ekspedisi tepat, buat kemasan menarik, dan gunakan rekening khusus usaha,” pesannya.

Berikutnya, Ahyar Muawwal menyampaikan materi berjudul “Business Go Online”. Ia mengatakan, penting bagi UMKM yang ingin merambah pemasaran digital untuk membuat konten menarik di website dan media sosial, serta mempromosikan bisnis melalui iklan daring. “Hindari foto produk asal-asalan, apalagi mencomot dari Google, rajinlah periksa pesanan, jangan kirim spam ke pembeli, dan jangan berjualan hanya satu arah,” katanya.

Pemateri ketiga, Yoshua Richard membawakan tema “Peran Literasi Digital untuk Mengubah Mindset Konsumtif Menjadi Lebih Produktif”. Yoshua menguraikan perkembangan internet, jumlah pengguna, serta keuntungan berniaga daring. Ia juga memberikan tips mengontrol belanja daring dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Sebagai pemateri terakhir, Muhammad Aljebra Aliksan Rauf, menyampaikan tema “Perlindungan Hak Cipta di Ranah Digital”. Ia menjelaskan pentingnya memahami hak cipta di ranah digital, termasuk dalam berbisnis daring. “Membajak, modifikasi tanpa izin, melakukan penggandaan tanpa izin, hacking/cracking, dan browsing merupakan jenis pelanggaran hak cipta,” jelasnya.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, moderator melanjutkan kegiatan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta. Salah satu peserta webinar, Todona Alberto, bertanya tentang bagaimana sikap yang bijak dalam menggunakan teknologi digital di era saat ini apalagi saat pandemi. Yoshua Richard menyarankan untuk membatasi berinternet dengan tidak terus-menerus di depan ponsel atau laptop. “Saya pribadi lebih banyak baca buku atau mengisi waktu senggang dengan berkegiatan bersama keluarga,” katanya.

Panitia memberikan uang elektronik senilai masing-masing Rp100.000 bagi 10 penanya terpilih. Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.(***)

Komentar

News Feed