oleh

Kepala Desa dan Kontraktor di Lembang Mesakada Pinrang Bergantian Kembalikan Kerugian Negara

-Berita-171 views

PINRANG – Banyaknya kerugian negara terjadi di Kabupaten Pinrang pada Proyek skala kecil di tingkat Desa diminta agar Inspektorat lebih massif lagi melaksanakan pengawasan dan audit terhadap seluruh pekerjaan yang terlaksana di tahun-tahun sebelumnya.

Berita terkait: Mau Lolos!! Kepala Desa Lembang Mesakada Kembalikan Kerugian Negara Hasil ‘Sabotase’ Pembangunan Fisik 2020

Berita terkait: Laporan Inspektorat Pinrang Hasil Pemeriksaan Kades Wiringtasi Pengembalian Kerugian Negara Diragukan LSM

Kali ini, datang dari kontraktor CV Rizky Arisma yang mengembalikan kerugian negara pada pekerjaan Peningkatan Jalan Usaha Tani (JUT) Poktan Sialamase di Desa Lembang Mesakada Kec. Lembang Kab. Pinrang tahun anggaran 2020 yang mengembalikan ke negara melalui kas daerah sebesar 13 juta rupiah.

Hal ini berdasarkan hasil audit Inspektorat bernomor 700/144/Inspekda/2021 tanggal 02 Agustus 2021, kepada pelapor.

Tidak hanya itu, konsultan pengawas CV Alif Nun U Design juga diberikan teguran karena dianggap tidak optimal dalam pengawasan.

Berita terkait: Kepala Desa Salipolo Pinrang Terduga Korupsi Kembalikan Kerugian Negara, Inspektorat Dicurigai ‘Main Mata’

Berita terkait: Inspektorat Pinrang Diduga Lindungi Kades Wiringtasi Pengembalian Kerugian Negara

Menurut Ketua LSM Paku, Putra, “Inspektorat mesti belajar dari hal yang terkecil sebelum melangka ke yang lebih besar. Logikanya yang kecil saja dikorupsi apalagi yang besar, hal ini karena lemahnya pengawasan dan kontrol terhadap pelaksanaan di lapangan sehingga terjadi penyimpangan atau korupsi,” tururnya.

Lanjut kata Putra, “sebelumnya, Kepala Desa Lembang Mesakada juga kembalikan kerugian negara sebanyak 26 juta rupiah dari hasil kecurangan pada pembangunan fisik proyek Peningkatan Jalan Beton Kondo-Palimbongan Dusun Londe yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2020,” katanya.

Berita terkait: Dinas PUPR Pinrang Diduga Korupsi, Gempur Gelar Aksi Unras Copot Kadis PUPR Pinrang

Berita terkait: LSM Paku Kembali Laporkan 3 Kades Terduga Korupsi, Jadi Total 9 Kades Terlapor di Kejari Pinrang

Ia berharap agar kedepan, kejadian ini tidak terulang kembali sebagai efek jerah terhadap pelaku oknum yang terlibat.

“Jangan lihat dari nominalnya, tapi lihat perbuatannya yang dengan sengaja melakukan hal tersebut. Semoga ini menjadi pelajaran kedepannya, dan membuat kapok bagi pelaku dan oknum yang terlibat,” harap Putra. Selasa, 10 Agustus 2021 siang.

Komentar

News Feed