oleh

Distanhorti Pinrang Melaksanakan Sosialisasi Dan Bimtek Aplikasi Alsintan Link

PINRANG–Bidang Prasarana dan Sarana (PSP) Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis aplikasi Alsintan Link kepada 12 PPK dan beberapa UPJA yang berada dalam wilayah kerjanya, jum’at(06/08/2021).

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis yang diadakan ini adalah upaya tindak lanjut dari kegiatan Trainer of Training (TOT) Aplikasi Alsintan Link yang telah dilaksanakan kemarin oleh Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian secara virtual zoom.

Hj. Dahriah yang hadir mewakili Kepala Dinas dalam arahannya saat membuka acara, mengatakan bahwa teknologi dari waktu ke waktu semakin memperlihatkan kemajuannya. Untuk itu, usaha dibidang pertanian utamanya para petani sebagai pelaku harus bisa menyesuaikan dengan kemajuan itu.

“Dimasa pandemi ini, dimana beberapa aktifitas termasuk tatap muka masih di batasi. Olehnya itu, Aplikasi berbasis android ini akan memudahkan petani mengakses secara cepat dan tepat kebutuhan alsintannya.”katanya, “dan setiap petani harus bisa memanfaatkan teknologi ini.”

Dengan aplikasi ini, pemilik alat dan mesin pertanian tidak perlu lagi menggunakan jasa perantara atau yang lebih dikenal dengan pengurus lokasi utamanya saat panen. Karna di aplikasi ini, petani yang bersangkutan bisa langsung menghubungi pemilik alsintan untuk melakukan transaksi sewa alat.

Menurut Andi Tjalo yang ikut hadir pada acara ini dan sedikit terlambat karna harus mengikuti kegiatan yang sama pentingnya di kecamatan Tiroang mengatakan, dengan adanya bantuan yang cukup, maka diperlukan pengelolaan alat dan mesin pertanian yang baik oleh UPJA.

“Untuk meningkatkan kinerja Unit Pelayanan Jasa Alsintan, maka dibutuhkan strategi yang tepat dan salah satunya adalah melalui pemanfaatan teknologi berupa aplikasi Alsintan Link ini.” Kata Andi Tjalo, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Beliau juga menambahkan, dengan adanya aplikasi ini, diharapkan mampu mengoptimalkan kinerja UPJA sesuai dengan fungsinya untuk mendukung tumbuhnya ekonomi pedesaan dan meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Aplikasi Alsintan Link ini juga diharapkan untuk bisa memonitor pergerakan alat dan mesin pertanian secara cepat, mudah dan transparan serta mampu memaksimalkan kinerja UPJA.” tutup Andi Tjalo.(rls)

Komentar

News Feed