oleh

Belum Setahun Rabat Beton Desa Kaballangan Pinrang Retak, LSM Paku Curigai Spesifikasi ‘Disabotase’

-Berita-141 views

PINRANG – Rabat beton Jl. Durian Dusun Batri Desa Kaballangan Kecamatan Duampanua, dilaporkan mengalami keretakan.

Laporan warga kepada Redaksi Infomakassar.net, Minggu, 18 Juli 2021, jika kondisi rabat beton ini rusak parah. Ditelusuri Biro Pinrang, di lokasi ini terdapat adanya keretakan yang membelah badan jalan, tidak hanya itu, rata-rata disepanjang jalan rabat beton ini terkelupas yang menimbulkan adanya kerikil tajam berhamburan ke badan jalan.

Rabat beton ini diketahui belum genap setahun yang menelan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sebanyak 161 juta rupiah dikerjakan sejak Januari sampai dengan Desember 2020.

Menurut warga sekitar yang berhasil dihimpun, bahwa pekerjaan ini disebut sebut dikerja asal jadi oleh pelaksana. “Dari awal memang pak kita lihat pekerjaannya sudah tidak beres, lebih banyak pasirnya dari pada semen jadi tidak seimbangki,” tutur RA.

Salah satu dari beberapa titik keretakan tertangkap kamera

Menanggapi hal ini, Ahmad Tim Investigasi LSM Pemuda Anti Korupsi (Paku) mengatakan jika kejadian tersebut didasari pada mutu beton yang tidak berkualitas.

“Kalau lantai pada rabat beton terkelupas dan mengalami keretakan yang diserti timbulnya kerikil maka kualitas pada rabat beton itu diragukan. Bisa saja faktor spesifikasi yang tidak sesui di RAB alias disabotase, bisa saja itu dikurangi,” kata Ahmad.

Saat dikonfirmasi, Sabtu, 24 Juli 2021, Kepala Desa Kaballangan tidak bisa berkomentar terkait adanya aduan tersebut dengan alasan sedang sibuk. Sehingga redaksi menunggu klarifikasi dari pihak terkait.

Komentar

News Feed