oleh

Jelang Idul Adha , Stok Hewan Qurban Gowa Dijamin Terpenuhi Dan Aman

-Berita-88 views

Gowa — Ketersediaan hewan kurban baik sapi maupun kambing untuk kebutuhan lebaran idul adha 1442 Hijriyah di Kabupaten Gowa dipastikan aman. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan perkebunan Kabupaten Gowa , Chaerul Azward mengungkapkan jika dilihat kebutuhan masyarakat setiap tahunnya, maka dijamin terpenuhi.

Ia menjelaskan untuk Stok hewan Qurban untuk tahun lalu 2020 berkisar 6112 (sapi)585 ( Kambing ) dan untuk tahun ini 2021 berkisar 6277 ( Sapi ) ,789 ( Kambing )

” Untuk tahun ini Stok hewan Qurban jelang Idul Adha melebihi Stock Aman serta bisa menjamin dan Terpenuhi untuk kebutuhan masyarakat Gowa pada khususnya ” jelasnya

Menurutnya, hewan kurban ini menjadi salah satu peluang usaha tahunan, sehingga pedagang juga menyiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk saat ini, harga sapi dari berkisar antara 10 hingga 30 juta rupiah.

“Ini adalah peluang usaha tahunan, jadi pedagang juga sudah antisipasi, walaupun ada sapi lokal, mereka juga mendatangkan sapi dari luar”, tambahnya.

Ia juga mengaku pihaknya melakukan pemantauan hewan selama beberapa hari kedepan .

“Hari ini kami melakukan pengecekan didapati rata-rata hewan yang dijual semua sehat mulai dari sapi hingga kambingnya,” ungkapnya, Kamis (15/7/2021).

Selain upaya pengecekan hewan, M.Chaerul Azward menyarankan sejumlah tips kepada masyarakat yang hendak memilih hewan kurban untuk memilih yang benar-benar sehat dan sesuai syariat islam. Adapun untuk ketersediaan sapi dan kambing dari peternak di Gowa , dikatakannya sejauh ini jumlahnya mencukupi.

“Dalam memilih hewan kurban diutamakan yang sehat tidak sakit, dan sesuai syariat islam, dan saat memasuki pasar hewan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Dinas Peternakan dan Perkebunan terus mendorong agar peternak di Kabupaten Gowa meningkatkan produksinya untuk memenuhi kebutuhan sapi masyarakat

 

Komentar

News Feed