oleh

Bahaya!! Lapas Makassar ‘Menjelma’ Jadi Pasar Narkoba Kelas Kakap?

-Berita-412 views

MAKASSAR – Sejumlah mahasiswa dan masyarakat yang mengatasnamakan dirinya Gerakan Rakyat dan Mahasiswa Indonesia disingkat Gerak Misi melakukan aksi unjuk rasa di depan Lapas Kelas 1A Makassar, Jl. Sultan Alauddin, Gunung Sari, Rappocini, Kamis, 01 Juli 2021, siang.

Dari pantauan Infomakassar.net, massa aksi membentangkan spanduk yang bertuliskan tuntutan, salah satunya, copot Kepala Lapas Kelas 1A Makassar.

Tuntutan copot Kepala Lapas Kelas 1A Makassar didasari adanya temuan oleh Mahasiswa Gerak Misi, disebut Lapas Makassar telah menjelma menjadi pasar Narboka kelas kakap.

Fahim Jendral Lapangan menyampaikan keresahannya dihadapan Lapas Kelas 1A Makassar, lewat pengeras suara bahwa pihaknya kecewa lantaran disinyalir Kepala LapasĀ  ikut membekingi bandar Narkoba di dalam Lapas Makassar.

Dalam orasi salah satu mahsiswa ini mengatakan, bahwa pihaknya mengantongi sejumlah nama Narapidana hingga Sipir atau pegawai Lapas Makassar yang terlibat campur tangan peredaran Narkoba itu.

“Aksi protes yang kami lakukan saat ini sebagai penegasan kepada Kepala Lapas Kelas 1A Makassar bahwa terdapat dugaan konspirasi antara pihak lapas dengan Narapidana yang diduga ketahuan menggunakan narkoba di dalam Lapas Kelas 1A Makassar, namun pihak Lapas Makassar malah melakukan pembiaran karena menerima hadiah dari salah satu narapidana kepada pihak pihak tertentu pegawai Lapas,” teriak salah satu orator.

Saat ditemui Fahim Jendral Lapangan di lokasi aksi, menyebutkan, adanya beberapa Narapidana yang kedapatan menggunakan hingga mengedar barang haram narkoba baru baru ini, tidak diberikan sanksi dan disinyalir malah dipelihara oleh Lapas Kelas 1A Makassar.

“Ada beberapa Napi yang kedapatan menggunakan hingga mengedar narkoba, tapi tidak diberikan sanksi tegas oleh pihak lapas dan adanya diskriminasi tahanan dibalik lapas. Kami sudah kantongi nama nama pegawai lapas hingga napi yang bermain di dalam Lapas,” kata Fahim kepada Infomakassar.net.

Tidak hanya itu, Fahim juga menduga Lapas Makassar sudah tidak berjalan sesuai porsinya melainkan menjadi Pasar Narkoba.

“Bahwa Lapas Kelas 1A Makassar diduga tidak lagi menjadi lembaga pembinaan namun diduga menjadi Pasar Narkoba. Jika tuntutan kami tidak diindahkan maka kami pastikan aksi protes selanjutnya akan menghadirkan massa yang lebih banyak lagi sampai tuntutan kami diterima,” tegas Fahim.

Kepala Lapas Makassar Hernowo saat audiensi dengan massa aksi membenarkan adanya peredaran narkoba di dalam Lapas Makassar melalui sampah dan adanya 2 Napi yang dipindahkan ke Bone dan Bulukumba.

Kepala Lapas Makassar Hernowo dengan massa aksi

Dampak aksi ini, jalan trans Sulsel mengalami kemacetan yang cukup panjang.

Sekedar diketahui, Gerak Misi akan kembali menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Jl. Sultan Alauddin dan Kantor BNN Sulsel, pada Senin, 05 Juli 2021, siang.

Komentar

News Feed