oleh

Sosialasi Erdkk Yang Terintegrasi Dengan Aplikasi Simluhtan

PINRANG-Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang melaksanakan Sosialisasi implementasi kartu tani/eRDKK yang terintegrasi dengan Simluhtan untuk kecamatan patampanua di aula kantor BPP Patampanua, selasa(29/06/2021).

Kasi lahan dan irigasi, Baharuddin yang mewakili Dinas Tanaman Pangan saat memberikan arahan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan salah satu tujuan yaitu memperbaiki data petani belum akurat di dalam eRDKK.

“Sosialisasi yang sedang kita laksanakan ini adalah program dari pemerintah sebagai solusi atas masalah yang dihadapi oleh petani pada saat menggunakan kartu tani.” Kata Baharuddin.

Baharuddin juga menambahkan bahwa eRDKK yang terintegrasi dengan data Simluhtan bertujuan untuk mempercepat penyaluran pupuk bersubsidi sehingga bisa tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, dan tepat waktu.

Menurut Muklis, saat memberikan materi mengatakan bahwa proses pengupdatean data eRDK untuk tahun ini akan berbeda dengan tahun lalu. Karena adanya kebijakan Kementrian Pertanian yang mengharuskan semua petani yang berhak menerima bantuan pertanian termasuk pupuk bersubsidi adalah mereka yang terdaftar dalam aplikasi SIMLUHTAN.

“Petani yang berhak menerima bantuan pupuk bersubsidi adalah petani yang terdaftar dalam Simluhtan,” katanya, “untuk itu, saya harapkan para ketua kelompok tani harus memastikan untuk mendata semua anggotanya dan terdaftar di simluhtan, dengan identitas yang sesuai dengan KTP dan luas lahan berdasarkan SPPT.”

Andi senga, salah satu pengecer dari Desa Mattiro Ade yang hadir saat dialog menginformasikan bahwa ada beberapa petani di wilayahnya yang sudah memiliki kartu tani tapi lebih memilih untuk melakukan penebusan pupuk dengan cara manual. Alasannya, petani menganggap urusan dibank BRI itu susah dan rumit, belum lagi harus antri.

Komentar

News Feed