oleh

Literasi Digital Sulawesi 2021, Literasi yang Cakap Mendorong Sukses Anak Ikut Belajar Online

BONE – Rangkaian Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo kembali menggelar kegiatan diskusi virtual pada Kamis, 24 Juni 2021. Kolaborasi ketiga lembaga tersebut dikhususkan pada penyelenggaraan Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Dalam webinar yang digelar di Kota Bone, Sulawesi Selatan ini mengambil tema Bagaimana Belajar Online yang Efektif. Hadir sejumlah narasumber yaitu Andi M Fadli selaku aktivis Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Hasrul Hasan selaku Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan, Asrul Nur Iman selaku Kepala Program Studi Komunikasi UPRI Makassar, dan Zilqiah Anggraini selaku Blogger Influencer dan Lifestyle Content Creator. Bertindak sebagai moderator dalam acara ini yaitu Ariemega yang merupakan Researcher Katadata. Kegiatan ini diikuti oleh 524 peserta dari berbagai kalangan.

Materi pertama disampaikan Andi M Fadli yang memaparkan tentang keahlian digital atau digital skill dengan tema Sukses Belajar Online dengan Kemampuan Literasi Digital. Menurut dia, untuk dapat memperoleh informasi yang valid dalam belajar online sehingga dapat meningkatkan prestasi, siswa dan mahasiswa memerlukan kemampuan literasi yang baik. Literasi merupakan kemampuan untuk mendapatkan, memahami, serta menyampaikan informasi.

Saat ini, banyak pilihan di dunia internet dalam mengakses sumber belajar, mulai dari yang gratis maupun berbayar. Salah satunya, Rumah Belajar yang disediakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi “Bermedsos akan positif bila memiliki kemampuan literasi yang baik, termasuk juga untuk belajar online yang baik,” ujar mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Makassar.

Selanjutnya, tampil Zilqiah Anggraini yang membawakan materi tentang etika digital atau digital ethic dengan tema Upaya Mencegah, Mendeteksi, dan Menyikapi Cyber Bullying. Terdapat tiga pihak yang terlibat perilaku perundungan atau bullying ataupun semacam perilaku intimidasi. Yakni, pelaku, korban, serta orang yang menyaksikan perbuatan yang tidak terpuji tersebut.

Menurut Zilqiah, salah satu cara mencegah agar anak-anak tidak terlibat cyber bullying misalnya dengan membuat pertahanan secara online atau yang dikenal dengan istilah online resilience. “Dampingi anak-anak ketika bermain gadget atau gawai, orang harus harus aktif berdiskusi dengan anak. Ciptakan juga lingkungan yang mendukung pembelajaran anak-anak,” ujar dia.

Paparan ketiga dibawakan oleh Hasrul Hasan tentang kultur digital atau digital culture yang mengambil tema Literasi Digital bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital. Literasi digital merupakan suatu alat agar dapat membentuk keterampilan siswa dalam berpikir kritis, analitis, dan kreatif. Saat ini, implementasinya di sekolah tidak hanya dilakukan oleh siswa, namun juga harus diterapkan bagi guru dan kepala sekolah. “Literasi digital harus terintegrasi dengan kurikulum atau setidaknya terkoneksi dalam kegiatan belajar mengajar,” imbuh pria yang telah menggeluti karir jurnalistik sejak 2000 silam.

Terakhir, materi seminar virtual Bagaimana Belajar Online yang Efektif di Kota Bone ini disampaikan oleh Asrul Nur Iman yang memaparkan tentang keamanan digital dengan tema Tips Menjaga Keamanan Digital bagi Anak-Anak di Dunia Maya. Menurutnya, orang tua dan guru memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan anak-anak dalam mengakses internet.

Para peserta webinar cukup antusias mengikuti jalannya acara hingga selesai. Sejumlah pertanyaan juga dilontarkan peserta kepada para pemateri, seperti dari Putra Herawanto yang menanyakan kiat untuk membatasi waktu anak-anak dalam mengakses internet. Panitia seminar virtual ini menyediakan 10 voucher dengan nilai masing-masing Rp 100.000 yang akan diberikan kepada 10 penanya terbaik.

Kegiatan Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif dari para narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.(***)

Komentar

News Feed