oleh

Baru Dilantik, Kasat Lantas Polres Pinrang Didemo Mahasiswa Minta Pungli Disapu Bersih

PINRANG – Sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya dari Aliansi Jaringan Aktifitas Mahasiswa (JAKSA) Indonesia menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Pinrang, Senin, (14/6/21) siang.

Mereka meminta agar Kasat Lantas Polres Pinrang segera dicopot lantaran dinilai adanya pungli.

Dalam orasinya, Koordinator Lapangan Asribo meminta agar pungli di Satlantas Polres Pinrang disapu bersih.

“Kami meminta agar Kasat Lantas segera dicopot. Sapu bersih oknum pungli di Satlantas Polres Pinrang,” teriak dalam orasinya.

Menanggapi aksi itu, Kasat Lantas Polres Pinrang, Iptu Nawir Emin mengatakan “yang intinya PNBP atau Penghasilan Negara Bukan Pajak bukan hanya ada dipembuatan SIM saja, ada yang di dalamnya Kesehatan dan Psikologi dan orang tua yang akan mengambil SIM tolong diberikan pemahaman bahwa selain pembayaran PNBP ada pembayaran Kesehatan dan Psikologi,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Pinrang AKBP M. Arief Sugihartono. S.IK, MT menyampaikan “memberlakukan penerbitan SIM sesuai dengan SOP sesuai dengan UU dimana penertiban SIM berdasarkan pada tingkat pelanggaran tinggi di masyarakat Indonesia. Mekanisme pembuatan SIM harus sesuai dengan aturan di mana apabila SIM yang belum mati maka akan dilakukan perpanjangan tanpa melalui tes lagi. Olehnya itu apabila sebelumnya mati maka harus diperpanjang sehingga tidak mengulang lagi dari awal dari tahap pendaftaran dan pengambilan SIM dulu dengan sekarang betul berbedah, sekarang apabila mengambil SIM akan dilakukan uji Kompetensi berkendara,” ucap Kapolres dihadapan pengunjuk rasa saat menerima aspirasi di Aula Quick Wins Mapolres Pinrang.

Sekedar diketahui, Kasat Lantas Polres Pinrang Iptu Nawir Emin baru baru dilantik belum lama ini.

Komentar

News Feed