oleh

Warga Kandoka Gelar Tradisi Adat Mattammu Bulung, Kapolsek Lembang Pastikan Protkes Tetap Dipatuhi

PINRANG-Gelaran tradisi adat Mattammu Bulung yang diselenggarakan oleh warga dusun Kandoka Desa Benteng Paremba kecamatan Lembang kabupaten Pinrang Rabu 2/6 berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, hal ini dipastikan dengan kehadiran Kapolsek Lembang bersama sejumlah pejabat daerah dan kecamatan termasuk jajaran pemerintah desa ikut hadir dan berbaur dengan warga petani setempat.

Mattammu Bulung adalah tradisi adat yang secara turun temurun dilaksanakan oleh petani didusun ini yang merupakan rangkaian ritual keagamaan dengan berkumpulnya petani bersama para sesepuh kampung sebagai bentuk kesyukuran menyambut kemunculan bulir padi pertama pada tanaman persawahan.

Sejumlah pejabat terkait hadir dalam acara tersebut diantaranya Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Pinrang  Andi Calo Kerrang, SP. M.Si, Kepala UPT Pertanian Kecamatan Lembang Muh. Said, Danramil Lembang Kapten Inf. Andi Muchta, serta Kepala Desa Benteng Paremba Muh. Yusuf.

Selain para petani setempat yang tergabung dalam berbagai kelompok tani juga pata tokoh agama dan tokoh masyarakat juga nampak dalam kebersamaan warga ini dimana dalam prosesi Mattammu Bulung ini diawali dengan pemotongan ayam yang sengaja dibawa oleh warga setempat, ayam tersebut kemudian dimasak disekitar lokasi persawahan oleh para ibu-ibu petani yang sengaja hadir membantu, setelah masakan sudah disiapkan acara dilanjutkan dengan ritual Mabbaca ( membaca doa ) yang dipimpin oleh Guru (tokoh agama) usai mabbaca kemudian dilanjutkan dengan makan bersama.

Diakhir tradisi adat ini ketua adat kemudian membagikan ketupat kosong yang diikat bersama bulu ayam kepada para petani untuk ditancapkan di pappammulaang ( titik awal areal persawahan ) sebagai makanan untuk padi.

Kapolsek Lembang Iptu. Bakri pada kesempatan tersebut turut memberi himbauan kepada semua yang hadir agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan dengan tetap menjaga jarak.

” Kami tetap terus memberi himbauan dan mengawal kegiatan warga semacam ini agar tetap disiplin dalam menjaga kesehatan sekaligus memastikan kegiatan warga semacam ini tetap dapat terselenggara dengan aman tertib ” pungkasnya.

Komentar

News Feed