oleh

Literasi Digital Sulawesi 2021, Berbelanja Online dengan Dompet Digital

MAKASSAR – Berlangsung secara virtual, Webinar Literasi Digital diselenggarakan dengan topik ‘Bagaimana Berbelanja Online dengan Dompet Digital’, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 3 Juni 2021 siang.

Kegiatan ini menghadirkan Nitri Mirosea SE.MSI.MMAC PhD selaku Kepala Lab Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Halu Cheo Kendari, Mike Rini selaku Perencana Keuangan dan Founder Mitra Rencana Edukasi, dan Imelda selaku Perwakilan dari OVO Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh 248 peserta secara online dan dilakukan secara gratis.

Narasumber pertama yaitu Imelda yang membahas mengenai digital skill dengan tema ‘Cara Mennggunakan Dompet Digital Dalam Transaksi Elektronik’. Diawal pemaparannya, Imelda memparkan data statsitik perkembangan transformasi digital di Indonesia yang semakin meningkat.

“Namun, hal tersebut tidak sejalan dengan fakta bahwa transaksi uang tunai masih mendominasi.”, ungkap Imelda.

Menurut data yang dipaparkan oleh Imelda, selain penggunaan uang tunai yang masih tinggi, masyarakat Indonesia cenderung masih memilih bertransaksi secara fisik. Namun dengan begitu, keadaan new normal menjadikan transaksi uang elektronik meningkat hingga 67%. Selanjutnya Imelda memaparkan beberapa program dari OVO seperti menyalurkan bantuan sosial digital melalui Karu Prakerja, serta memaparkan berbagai solusi dan layanan pembayaran dari OVO. Diakhir penjelasannya Imelda membagikan tips dan trik menggunakan aplikasi pembayaran digital.

Narasumber kedua yaitu Nitri Mirosea SE.MSI.MMAC PhD yang membahas mengenai digital ethics dengan tema ‘Memahami Aturan Bertransaksi di Dunia Digital’. Diawal pemaparannya Nitri, menjelaskan kelebihan serta kekurangan melakukan transaksi secara digital. Selanjutnya, Nitri menjelaskan tips aman dalam bertransaksi digital.

“Selalu teliti dan berhati-hatilah saat melakukan transaksi digital.”, ujar Nitri.

Nitri menjabarkan potensi ekonomi digital yang menurutnya, perkembangannya semakin bagus dari tahun ke tahunnya. Nitri pun memaparkan potensi ekonomi Indonesia untuk beberapa tahun kedepannya. Hal-hal yang harus diwaspadai saat melakukan transaksi digital pun dipaparkan oleh Nitri.

Selanjutnya narasumber ketiga yaitu Mike Rini yang akan memaparkan mengenai digital culture dengan tema ‘Nabung atau Belanja Online’.

“Pada kenyataannya memang kita tidak bisa kalau tidak berbelanja, karena itulah pendapatan kita memang perlu dikelola sebaik-baiknya supaya bisa cukup untuk hari ini dan hari-hari yang akan datang.”, ungkap Mike diawal pemaparannya.

Mike memaparkan jika mendapatkan promo bukan berarti masyarakat akan menjadi lebih hemat. Ia pun memaparkan bagaimana cara belanja online yang lebih hemat dengan dilakukan berdasarkan kebutuhan, dibayar lunas, dan dilakukan sesuai dengan daftar belanja. Mike juga menjelaskan dengan belanja online bisa menjadi investasi untuk masa depan. Diakhir pemaparannya Mike, berbagi tips bagaimana mengelola anggaran bulanan agar keuangan bisa dikelola dengan baik sesuai dengan kebutuhan.

Setelah pemaparan materi oleh ketiga narasumber, kegiatan Literasi Digital dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diarahkan oleh moderator. Terlihat antusiame dari para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber berkaitan dengan tema dan materi yang telah disampaikan. Sepuluh peserta beruntung, mendapatkan uang elektronik sebesar Rp. 100.000,- untuk setiap pesertanya. Kegiatan ditutup dengan kesimpulan yang disampaikan oleh moderator.

Kegiatan Literasi Digital mendapatkan apresiasi dan dukungan dari semua pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan pastinya mengedukasi para peserta webinar. Kegiatan Literasi Digital ini disambut positif oleh masyarakat khususnya Sulawesi. “Sangat mengedukasi khusunya dalam melakukan transaksi digital, penggunaan e-wallet, hingga tips dan trik berbelanja online.”, ujar Setia Adi yang merupakan salah satu peserta dari kegiatan literasi digital pada episode kali ini.

Kegiatan Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai 31 Mei 2021 hingga 7 Desember 2021, dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang pastinya disampaikan oleh narasumber terpercaya. Kegiatan Webinar Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, agar masyarakat makin cakap digital dalam memanfaatkan internet demi menunjang kemajuan bangsa.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.(***)

Komentar

News Feed