oleh

Siberkreasi Bersama Kominfo Dukung Semangat Membangun Ekosistem Internet Positif Lewat “Digital Safety: Platform Digital dan Pentingnya Melindungi Data Pribadi”

MAKASSAR – Siberkreasi mengadakan diskusi online pada Zoom meeting dan disiarkan melalui live streaming di Channel YouTube dan Facebook Siberkreasi dengan topik ‘Digital Safety: Platform Digital dan Pentingnya Melindungi Data Pribadi’. Kamis 27 Mei 2021.

Diskusi online kali ini menghadirkan tiga narasumber dan dimoderatori oleh Annisa Virdianasari dan Achmad Takbiriyantoro, keduanya adalah anggota Siberkreasi.

Narasumber pertama, Donny BU seorang Tenaga Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika sekaligus Dewan Pengarah Siberkreasi. Narasumber kedua, Ruben Hattari selaku Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia. Narasumber ketiga, Yuda Sasmita Hendri selaku Kasubdit Tata Kelola Perlindungan Data Pribadi Ditjen Aptika Kemkominfo.

Webinar dibuka dengan pembahasan singkat akan kondisi terkini terkait pemanfaatan platform digital di mana pengguna seringkali tidak diberikan informasi maupun pilihan yang memadai apa saja data pribadi yang akan diakses dan diproses oleh penyelenggara platform digital yang digunakan.

Hal ini mengakibatkan masyarakat Indonesia kurang menanggapi secara serius kasus pelanggaran terhadap perlindungan data personal masing-masing pengguna. Oleh karena itu, penting sekali untuk diadakannya pembahasan dan kupas tuntas tentang pentingnya melindungi data pribadi dengan cara-cara yang tepat.

Pemaparan pertama oleh Donny Bu membuka pembahasan dengan kasus kebocoran data BPJS dan platform toko online beberapa waktu lalu.

Donny percaya bahwa Siberkreasi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki tantangan yang sama, bahwa tingkat kepedulian dan pemahaman masyarakat Indonesia tentang pentingnya privasi dan penyalahgunaan data pribadi terbukti masih sangat rendah.

Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan fakta yang menunjukkan dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, isu penyalahgunaan penggunaan data pribadi akan turun seiring dengan turunnya minat dan pemahaman masyarakat Indonesia perihal isu tersebut.

Menurut Donny, dibutuhkan perubahan yang terstruktur masif demi mewujudkan ekosistem digital yang positif, aman dan nyaman untuk pengguna di seluruh Indonesia yang dimulai dari meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melindungi data pribadi itu sendiri.

Pemaparan kedua datang dari Ruben Hattari selaku Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia yang menjelaskan tentang langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan penyedia platform sosial media untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melindungi data pribadi.

Menurut Ruben, meningkatkan kesadaran masyarakat bukan hanya tugas untuk Pemerintah maupun Pegiat Literasi Digital, tetapi juga tugas penyedia platform sosial media sebagai bisnis yang digunakan secara langsung oleh masyarakat.

Ruben percaya, bahwa aktif menggunakan platform digital dan mengikuti program-program literasi digital dapat menunjang perkembangan masyarakat dalam meningkatkan pemahaman tentang bagaimana menggunakan platform digital dengan aman.

Menurut ia, peraturan nomor satu yang wajib ditetapkan pada seluruh penyedia platform adalah untuk menjaga kepercayaan pengguna dengan menjaga data rahasia yang dibagikan.

Ruben memaparkan tentang bagaimana Facebook Indonesia mengelola data pribadi pengguna sebagai bentuk pertanggungjawaban menjadi penyedia bisnis sosial media, salah satunya adalah dengan mengubah Pengaturan Privasi pada platform Facebook dibuat menjadi lebih mudah dimengerti dan jelas untuk dibaca para pengguna.

Hal ini dilakukan karena Facebook percaya bahwa penting untuk setiap pengguna sadar untuk hanya menggunakan platform yang pengguna sendiri memiliki kendali sepenuhnya atas privasi masing-masing.

Pemaparan ketiga oleh Yuda Sasmita Hendri selaku representatif dari Pemerintah yang terus berupaya membantu sosialisasi kepada masyarakat mengenai Perlindungan Data Pribadi dalam masa pengesahan RUU PDP.

Yuda menjelaskan bahwa Pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital pada sisi infrastruktur, masyarakat, ekonomi, inovasi dan Pemerintah sendiri dikembangkan dengan prinsip kolaborasi dengan penuh teknologi baru, pola pikir yang baru, kinerja baru dan juga tentunya semangat yang baru demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

Upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya melindungi data pribadi adalah dengan menyelenggarakan dan turut berpartisipasi aktif dalam sosialisasi yang diadakan secara rutin dan juga membuat materi atau konten edukasi berkaitan dengan Perlindungan Data Pribadi di berbagai saluran.

Salah satunya adalah “Modul Literasi Digital” yang di dalamnya terdapat materi terkait Perlindungan Data Pribadi yang bisa secara langsung diunduh oleh setiap pengguna internet, guna mewujudkan pemanfaatan dan pemahaman akan etika dan langkah tepat menggunakan platform digital dengan aman dan nyaman.

Pada akhirnya, ketiga narasumber setuju bahwa cara yang paling tepat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Perlindungan Data Pribadi adalah dengan aktif menggunakan platform digital yang ada, aktif mengikuti program-program edukasi literasi digital dan berani bertanggung jawab untuk mengendalikan sepenuhnya atas data pribadi yang dibagikan.

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai dengan selesai acara.

Webinar selengkapnya dapat disimak di YouTube Siberkreasi pada tautan .

https://www.youtube.com/watch?v=PDdbPn-56HI

Informasi mengenai kegiatan webinar edukatif seputar generasi digital Siberkreasi berikutnya dapat dipantau di Instagram http://@siberkreasi.

Komentar

News Feed