oleh

Proyek 1,8 Miliar Milik BPBD Bantaeng Tidak Menggunakan Alat Pelindung Diri K3

-Berita-123 views

BANTAENG – Proyek kegiatan Transisi Darurat ke Pemulihan Bencana Banjir Bandang Kabupaten Bantaeng Tahun 2021 dengan nama pekerjaan Perbaikan Tanggul Sungai Garegea – Kayangan, ditemukan material bercampur batu kali serta tidak adanya penerapan penggunaan K3 bagi pekerja.

Proyek milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantaeng yang dikerjakan oleh CV Revires Abadi dengan total anggaran Rp1,8 Miliar, tertangkap kamera para pekerja tidak dilengkapi alat pelindung diri yang sesuai dengan standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Tidak hanya itu, aktivitas pekerja juga dipantau oleh warga masyarakat sekitar dengan mendapati adanya kecurangan pada penggunaan bahan material seperti adanya penggunaan batu kali.

Menurut inisial MI bahwa salah satu persyaratan untuk pelaksanaan di lapangan adalah penggunaan alat pelindung diri K3 bagi pekerja.

Menurut salah satu Kepala Bidang di BPBD Bantaeng, Asrul sapaan akrabnya ini menyebut saat dikonfirmasi Infomakassar.net, Senin (17/5/21), jika pihaknya membenarkan penggunaan batu dari sungai atau kali tidak mempengaruhi kualitas dan keamanan fisik bangunan.

“Terkait (1) penggunaan K3 memang sejak awal pekerjaan sudah ada laporan dari pengawas lapangan, sehingga kami sudah melakukan teguran kepada pelaksana (rekanan), yang ke dua (2) terkait penggunaan batu pecah dan batu kali. Penjelasan dari tim teknis bahwa boleh menggunakan batu pecah dan batu kali, hal ini menurutnya tidak mempengaruhi kualitas dan keamanan fisik bangunan,” cetusnya.

Ia juga mengaku sudah melakukan koordinasi kepada Tim Teknis berdasarkan laporan warga masyarakat untuk menjadi perhatian, “makasih atas bantuan pengawasannya, kami sudah sampaikan hal hal teknis yang dilaporkan oleh masyarakat ke Tim teknis dan pengawas lapangan untuk menjadi perhatian rekanan atau pelaksana saat aktifitas fisik bangunan,” katanya.

Sekedar diketahui, pekerjaan tersebut masih berlangsung sejak 24 Maret sampai 21 Juni 2021.(bersambung)

Komentar

News Feed