oleh

Presiden Joko Widodo Akan Disurati Secara Terbuka, Turun Tangan Tangkap Pelaku Tambang Ilegal di Sulsel

-Berita, Nasional-655 views

MAKASSAR – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perhimpunan Mahasiswa Aktivis (PMA) di Sulsel saat menghubungi Infomakassar.net, Minggu, (2/5/21) siang, menyampaikan maraknya aktivitas penambangan ilegal di Sulsel disebut meresahkan warga.

Beberapa daerah yang beraktivitas penambangan disebut galian C ini sudah menjamur tanpa mengantongi izin IUP, rata rata kedok yang dimainkan adalah pencetakan sawah, seperti di Lingkungan Paleteang Kabupaten Pinrang, Desa Bajeng, Bontonompo, Pallangga, Parangloe dan Biringbulu Kabupaten Gowa, Desa Lebani Kabupaten Luwu dan Kabupaten Soppeng ada 60 titik tambang yang sudah tidak berizin 2020 serta beberapa titik di Kabupaten Takalar.

Menurut, Sahar Ketua PMA Sulsel yang saat ini berada di Jakarta Pusat bahwa pihaknya akan melakukan penyuratan secara terbuka ke Sekretariatan Negara untuk Bapak Joko Widodo.

Salah satu penambangan di Sulsel

“Sementara kami susun laporannya untuk surat terbuka kepada Bapak Joko Widodo melalui Sekretariat Negara, kami berkomitmen upaya ini untuk memberantas penambangan ilegal di Sulsel termasuk beberapa daerah yang kami cap sudah sangat berbahaya yang dapat menimbulkan hal hal negatif dampak lingkungan. Penambangan itu juga bergerak secara pribadi atau meraup keuntungan secara personal,” tuturnya.

Sahar juga menyebut jika Aparat Penegak Hukum dan Pemerintah di beberapa daerah seakan membiarkan adanya aktivitas penambangan ilegal itu, “kami curigai mereka bermain dengan aktor aktor (pelaku) penambang. Ini yang membuat kami seakan tidak percaya dengan aparat penegak hukum serta pemerintah beberapa daerah di Sulsel,” cetus Sahar.

Pihaknya juga membocorkan sudah mengantongi daerah daerah yang telah mengantongi izin penambangan dan yang tidak berizin.

“Kami sudah kantongi tambang yang tidak berizin dan yang berizin. Mereka sudah lama beroperasi namun tidak ditindaki oleh Pemerintah serta aparat penegak hukum, kami akan lampirkan itu semuanya ke Bapak Jokowi,” pungkasnya.

Ia berharap agar Presiden Joko Widodo turun tangan untuk memberantas mafia tambang ilegal di Sulsel yang merugikan warga.

“Harapan kami Presiden Joko Widodo turun tangan berantas mafia tambang ilegal di Sulsel yang sangat merugikan warga dan negara. Baik itu tambang kecil maupun tambang besar tutup jika tidak berizin,” harap Sahar.

Komentar

News Feed