oleh

Kepala Desa Padaelo Menjerit Tak Dapat Keuntungan dari Pembangunan Fisik 2021

-Berita-274 views

PINRANG – Nama Bupati ikut juga disebut dalam pembangunan fisik kantor Desa Padaelo Pinrang. Menurut celotehan Kepala Desa Padaelo Muhammad Natsir saat dihubungi, Selasa, (20/4/21) malam, mencengankan.

Baca berita sebelumnya: Pembangunan Kantor Desa Padaelo Pinrang Gunakan Anggaran Dana Desa Disebut Menyalahi Aturan

Baca berita sebelumnya: Berikut Klarifikasi Kepala Desa Padaelo Pinrang Terkait Pembangunan Kantor Desa

Kepala Desa Padaelo menyebutkan ada bantuan dari Bupati Pinrang sebanyak 10 persen dan total 1 Miliar dari anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2020.

Disebutnya nama Bupati oleh Kepala Desa Padaelo mengaku tidak bisa menyelesaikan pembangunan kantor Desa Padaelo pada tahun 2020 dengan alasan bahwa anggaran 10 persen itu tidak cukup, begitupun di tahun 2021 juga tidak bisa diselesaikan lantaran sudah tidak dianggarkan lagi, sehingga Kepala Desa Padaelo saat ini gigit jari dan berkantor di tempat seadanya.

Dok/Desa Padaelo

“Bukan dana desa yang dipakai tapi ADD (Alokasi Dana Desa) itu bantuan dari Bupati 10 persen (100 juta) dari nilai 1 Miliar, kalau Dana Desa (DD) dari Jokowi (Presiden RI) tidak diperbolehkan membangun kantor Desa,” katanya.

Apa Perbedaan DD dan ADD?

Kata Kepala Desa Padaelo, bahwa DD (Dana Desa) adalah bantuan dari pusat sedangkan ADD (Alokasi Dana Desa) meruapakan bantuan dari Bupati Pinrang.

“Kalau DD dana desa itu dari pusat, kalau ADD alokasi dana desa itu dari Bupati,” Kata Pak Desa Padaelo.

Saat Ini Status Pembangunan Tersebut Mangkrak Atau Berlanjut?

“Kan begini tetap berjalan dan akan bermohon lagi, tidak bisa kita selesaikan tahun 2021, soalnya ada beberapa yang sangat penting nanti tahun depan (2022) di anggarakan lagi. Dana Desa (DD) tahun ini tidak ada fisik karna tidak ada yang membeck up dulu, kan Desa fisik 1 Miliar,” ungkapnya. Kepala Desa Padaelo juga mengakui menerima kucuran 100 juta dari Bupati Pinrang untuk pembangunan kantor Desa Padaelo yang bersumber dari ADD.

Dalam Pembangunan Kantor Desa Apakah Kepala Desa Mendapatkan Fee atau Keuntungan?

“Karna adanya covid ini semua Kepala Desa sekarang menjerit karna tidak ada fisik karna hidup dari harga batu bagaimana mana istilahnya, bisa hidup. Tapi sekarang tidak bisa karna ada juknisnya dari atas,” terangnya.

Komentar

News Feed