oleh

HLSC Fakultas Hukum Unhas Gelar Kegiatan Justice Speak Up Zone Lewat Zoom

MAKASSAR – Hasanuddin Law Study Center (HLSC) Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan kegiata Justice Speak Up Zone melalui Zoom, Minggu (28/3/21).

Pada Kegiatan tersebut dilakukan diskusi terbuka dengan mengangkat tema Victim Blaming “Absensi Pembelaan Korban Kekerasan”.

Pembahasan ini diangkat dalam diskusi terbuka mengingat banyaknya kasus kekerasan seksual yang justru menyalahkan korban (victim blaming).

Menurut mereka, bahkan tindak kekerasan dianggap sebagai sesuatu yang dengan mudah dimaafkan dan pelaku kekerasan tersebut dianggap tidak perlu di hukum
sesuai dengan prosedur hukum yang ada (rape culture).

Kegiatan ini diketuai oleh Demastia Naurah Ramadhanty yang diikuti kurang lebih 113 orang peserta dengan dipandu oleh mahasiswa FH angkatan 2019, Amel Ryski Prasilya R. Abas P, dalam mengangkat permasalahan kekerasan seksual.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber seperti Ibu Tiasri Wiandani S.E,. S.H sebagai Komisioner Komnas Perempuan, kemudian hadir juga Anindya Shabrina sebagai Advokasi Komunitas Indonesia Feminis serta Mutiah Wenda Juniar sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Ketiga narasumber ini menyampaikan akan pentingnya kesadaran setiap orang dalam melihat dan mampu merasakan apa yang dialami oleh korban kekerasan seksual sehingga Victim Blaming dan Rape Culture tidak lagi membudaya dilingkungan masyarakat.

“Diharapkan mampu mengkampanyekan kesadaran kekerasan seksual. Intisari dari kegiatan ini, guna memberikan edukasi masyarakat mengenai cara yang paling tepat dalam menanggapi kasus kekerasan yang
terjadi. Hal ini sangat diperlukan untuk merubah cara pandang masyarakat yang salah mengenai adanya budaya victim blaming dan rape culture,” pesan para narasumber.

Kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih 90 menit dengan 60 menit pertama dilakukan sesi sharing dan 30 menit terakhir dengan tanya jawab yang berlangsung sangat atraktif.(rilis)

Komentar

News Feed