oleh

Terkait Dugaan ‘Jual Beli’ Alsintan RMS di Pinrang, Oknum Bermain Lewat Proposal?

-Berita-226 views

Infomakassar.net – Menindaklanjuti berita sebelumnya terkait Bantuan Alsintan yang bersumber dari Aspirasi anggota DPR RI dari Partai Nasdem Haji Rusdi Masse (RMS) tahun anggaran 2020 disinyalir kuat diperjual belikan di Kabupaten Pinrang.

Baca berita sebelumnya: Bantuan Alsintan RMS di Pinrang Disebut Diperjual Belikan, Harga Hingga Ratusan Juta?

Ditelusuri Infomakassar.net, Sabtu (20/3/21) di Pinrang, rupanya jalur permainan sejumlah oknum di Partai NS disinyalir kuat lewat proposal permohonan bantuan. Para kelompok tani (Poktan) yang disebut menyetor proposal bantuan alsintan itu diduga hanya akal akalan oknum tertentu, pasalnya sejumlah poktan yang berhasil ditemui langsung di lapangan, menyampaikan bermula pihaknya ditawarkan oleh salah satu oknum tim Partai NS untuk membeli tracktor, kemudian dengan harga kesepakatan, poktan tersebut diminta untuk melampirkan proposal permohonan bantuan tracktor kemudian segelintir oknum di Partai NS menyerahkan berkas poktan kepada Dinas Pertanian Pinrang untuk disetujui, lalu berkas yang sudah dievaluasi dan dinyatakan berhak menerima bantuan alsintan tersebut akan dikeluarkan melalui Dinas Pertanian, kemudian diduga poktan tersebut dimintai sesuai perjanjian.

Milik salah satu Poktan di Pinrang

Menurut Kepala Dinas Pertanian Pinrang Andi Tjalo Kerrang saat dikonfirmasi via whatsapp, Selasa (23/3/21) siang, menyampaikan bahwa pihaknya membenarkan jika semua proposal yang masuk ke Dinas Pertanian dari Partai NS.

“Proposal dari dia (partai NS) tapi kami tetap melakukan proses verifikasi di dinas, semua terproses sesuai SOP kalau tidak bersyarat tim verifikator akan menolak,” tuturnya.

Selain itu, kata Kadis Pertanian Pinrang, bantuan tersebut langsung disalurkan ke poktan setelah melewati verifikasi.

“Disalurkan langsung ke poktan. Ada dokumentasi, tanda tangan BASTB, tanda tangan fakta integritas dengan syarat syarat mengikat,” katanya.

Saat ditanya soal jadwal bantuan alsintan yang akan turun untuk tahun anggaran 2021, “Kami belum tau belum ada info dari kementan,” kutip pesan Kadis Pertanian Pinrang.

Saat dikonfirmasi terpisah, Kasi Intelejen Kejari Pinrang, Tomi Aprianto, mengaku belum menelusuri informasi tersebut.

“Kami belum telusuri juga,” singkat Tomi.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua DPC Partai Nasdem Pinrang dan Sekretarisnya enggan berkomentar.

Komentar

News Feed