oleh

Honorer di Fakfak Sudah 3 Bulan Belum Digaji

-Nasional-25 views

Infomakassar.net, Fakfak – Honorer di Pemkab. Fakfak mempertayakan gajimya sudah 3 bulan tak dibayar. “Kami sejak 3 bulan terakhir belum dibayar gajinya. Untuk memenuhi kebutuhan keluargga kami terpaksa berhutang,” ucap Honorer Pemkab Fakfak yang tak mau sebut namanya.

Sumber tepercaya, Ibrahim menuturkan seharusnya Pemkab Fakfak wajib memberikan gaji kepada honorer yang layak, diberikan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab kerja dan resiko kerja.

“Dia menambahkan honorer atau lebih tepaknya kita sebut PPPK menerima tunjangan asalanya sesuai degan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku di NKRI ini. Walaupun dalam UU ASN tidak mengatur secara inplisit menyebutkan gaji honorer harus sesuai dengan upah minimum. Akan tetapi upah minimum adalah kebijkan pemerintah untuk memberilkan penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, seharusnya gaji honorer tidak lebih renda dari upah munimum,” kata Ibrahim.

“Kami masyarakat Fakfak berharap agar BKD Pemkab Fakfak segera menerbitkan SK dan persetujuan Bupati Dr.Drs.Muhammad Uswanas untuk membayar gaji honorer yang sudah telat, sudah 3 bulan tidak terima gaji,” kata salah satu honorer di sana.

Sedangkan itu, Sekretaris BKD Fakfak menyampaikan (19/3/2020) siang, bahwa, “terkait degan SK honorer di cetak di sini (BKD) Pemkab Fakfak sedangkan mengenai upah honorer langsung degan Kadis BKD Mujusam Uswanas,” ucap Sekretaris BKD Kabupaten Fakfak.(IB)

Komentar

News Feed