oleh

Kodim 1408 Realisasikan Program Kerja Uji Terampil

-Berita-135 views

MAKASSAR – Untuk mengukur Profesionalisme Prajurit, Kodim 1408/BS Makassar menggelar kegiatan Uji Terampil Jabatan. Sesuai dengan program kerja Kodim 1408/BS TA. 2021 menyelenggarakan Uji Terampil Jabatan (UTJ) Bintara dan Tamtama yang dilaksanakan di Makodim 1408/BS Jalan Lanto Daeng Pasewang No. 14 Kota Makassar. Jumat (05/03/2021).

Hal ini dilaksanakan untuk mengecek kemampuan anggota dalam penguasaan tugas sesuai dengan jabatan yang diemban yang diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 1408/BS dari jabatan Tamtama, Bintara, Bintara Tinggi. “Kegiatan uji terampil jabatan ini dilaksanakan secara rutin sesuai program kerja setiap tahunnya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan sesuai jabatan prajurit jajaran Kodim 1408/BS, sehingga dapat melaksanakan tugas yang dibebankannya. Diharapkan para prajurit dapat memahami dan mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tingkat jabatan masing-masing”, ujar Perwira Seksi Operasi (Mayor Inf Dewa Putu Gede).

Beberapa persoalan diberikan kepada para prajurit sesuai dengan jabatan
masing-masing dan hasilnya akan dinilai oleh para penguji, yang dijabat oleh para Perwira Kodim 1408/BS dan Danramil jajaran meliputi : (Danpos Ramil) Membantu Danramil membuat format konsep rencana kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah Koramil.

Membantu Danramil mengkoordinir membuat format rencana kegiatan Bakti TNI di wilayah Koramil. Membantu Danramil dalam membuat format konsep rencana kegiatan Karya Bakti di wilayah Koramil; dan Membantu Danramil mengkoordinir membuat format rencana kegiatan pembinaan perlawanan wilayah (Binwanwil) di wilayah Koramil (Bati Tuud Koramil).

Membantu Danramil mengkoordinir membuat format konsep rencana kegiatan komunikasi sosial (Komsos) di wilayah Koramil.

Membantu Danramil mengkoordinir membuat format konsep rencana kegiatan Bakti TNI di wilayah Koramil. Membantu Danramil dalam membuat format konsep rencana kegiatan Karya Bakti di wilayah Koramil.

Membantu Danramil mengkoordinir membuat format konsep rencana kegiatan pembinaan perlawanan wilayah (Binwanwil) di wilayah Koramil. Membantu Danramil mengkoordinir membuat format konsep rencana kegiatan Ketatalaksanaan Binter di wilayah Koramil; dan Membantu Danramil mengkoordinir membuat format konsep rencana kegiatan Binter di wilayah Koramil. (Bati Wanwil)

Koramil :Membantu Danramil dalam membuat konsep rencana pelaksanaan pembinaan perlawanan wilayah (Binwanwil) di wilayah Koramil; dan Membantu Bati Tuud membuat tabel Puldatater di bidang kondisi sosial di wilayah Koramil dalam rangka pembuatan produk ketatalaksanaan Binter. (Bati Komsos Koramil) Membantu Danramil membuat rencana kegiatan pelaksanaan komsos di wilayah Koramil; dan Membantu Bati Tuud membuat tabel pengumpulan data teritorial (Puldatater) di bidang geografi di wilayah Koramil dalam rangka pembuatan produk ketatalaksanan Binter. Bati Bakti

Koramil : Membantu Danramil dalam mebuat konsep rencana kegiatan pelaksanaan Operasi Bakti di wilayah Koramil. Membantu Danramil dalam membuat konsep rencana pelaksanaan Karya Bakti di wilayah Koramil; dan Membantu Bati Tuud melaksanakan kegiatan pengumpulan data teritorial (Puldatater) di bidang demografi di wilayah Koramil dalam rangka pembuatan produk ketatalaksanaan Binter. (Babinsa) : Melaksanakan kegiatan pengumpulan data teritorial (geografi, demografi dan Komsos) di desa binaannya. Melaksanakan pembinaan komunikasi sosial di wilayah binaannya. Melaksanakan pembinaan Karya Bakti TNI di wilayah binaannya; dan Melaksanakan pembinaan perlawanan wilayah (Binwanwil) di desa binaannya. (Bati Komsos Siterdim):

Membantu Pasiter Kodim dalam membuat format konsep rencana kegiatan Komunikasi Sosial di wilayah Kodim. (Bati Wanwil Siterdim) : Membantu Pasiter Kodim dalam membuat format konsep rencana kegiatan pembinaan perlawanan wilayah (Binwanwil) di wilayah Kodim. (Bati Bakti TNI Siterdim) : Membantu Pasiter Kodim dalam membuat format konsep rencana kegiatan operasi bakti di wilayah Kodim; dan Membantu Pasiter Kodim dalam membuat format konsep rencana kegiatan Karya Bakti di wilayah Kodim.

Selaku Komandan Latihan (Mayor Arm Baso Daeng, S.Pd) menyampaikan arahan yang intinya bahwa latihan uji terampil jabatan ini dilaksanakan dengan semangat dan sungguh-sungguh serta aplikasikan hasilnya dilapangan, sehingga tujuan pokok dari latihan ini bisa tercapai dengan maksimal guna keberhasilan tugas sehari-hari. Dalam pelaksanaan UTJ ini, berpedoman Buku Petunjuk Khusus Jabatan (BPKJ) tingkat kecakapan satu sampai dengan tujuh yang diterbitkan oleh Sterad sebagai pedoman, disamping diberikannya persoalan tambahan terkait permasalahan aktual yang sering terjadi dilapangan, seperti praktek berbicara efektif dalam suatu rapat ditingkat wilayah.

Apabila prajurit dalam pelaksanaan UTJ yang dilaksanakan, anggota tidak bisa menjabarkan anggota yang bersangkutan akan menerima pembelajaran dari para penguji. (*)

Komentar

News Feed