oleh

Pemprov Sulsel Canangkan Koneksi Bali-Selayar-Bira

-Berita-31 views

MAKASSAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel), Abdul Hayat Gani menerima kunjungan Tim Badan Keamanan dan Keselamatan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) di Baruga Lounge, Kantor Gubernur SulSel pada Rabu (24/02/21).

Abdul Hayat mengatakan bahwa disetiap pesisir pantai itu, tenaga keamanan dan keselamatan harus diberikan bekal 4 pilar. Pemberian diklat dapat dilakukan, termasuk pengetahuan terkait aspek sosial masyarakat kepada desa binaan.

Abdul Hayat meminta dibuatkan output yang dihasilkan, agar terdapat peran Forkopimda SulSel. Bukan hanya, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan juga Desa/Kelurahan.

SulSel yang memiliki banyak daerah Kabupaten yang memiliki pesisir. Seperti Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba dan Sinjai. Termasuk penyeberangan di pelabuhan harus menjadi perhatian, seperti Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba.

“Dan ide dari pak Gubernur, rencananya akan dikoneksikan antara Bali-Selayar dan Bira. Agar tourism-nya (kepariwisataannya) ini langsung satu paket,” tutur Hayat.

Sementara itu, dalam kunkernya ke SulSel, Kolonel Bakamla RI, Denny Giarno Susilo meminta saran kepada Sekda Provinsi SulSel. Yang mana terkait lokasi penempatan radar atau sistem dari Bakamla untuk lokasi atau pangkalan di daerah.

“Dan sementara, rencananya ditempatkan di Takalar,” terang Denny.

Bakamla melingkupi AD (Angkatan Darat), AL (Angkatan Laut), Kepolisian dan Kejaksaan serta melibatkan Pemerintah Provinsi yakni Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi SulSel.

“Sementara kita masih survei terlebih dahulu yang mana bisa mencakup semuanya. Dan dari pihak Kementerian yang menentukan,” tandasnya.

Denny berharap, segala rencana dan persiapan dapat berjalan dengan lancar.

“Dan kami juga siap mengamankan seluruh laut di Indonesia dan menjaga keutuhan laut Nusantara,” tutupnya.

Komentar

News Feed