oleh

Tradisi Penjemputan Kuba Masjid di Distrik Aranday

-Berita-169 views

BINTUNI – Tradisi masyakat 7 suku terlebih khususnya masyakat suku Sebyar yang berada di kampung Aranday melakukan penjemputan rombongan yang membawa kuba masjid jami’ Al-Taqwa.

Nilai Tradisi yang masih ketal sebagai mana yang di cerminkan oleh Masyarakat Distrik Aranday, Hj. Jen Kokop.

Untuk menjaga konsistensi tradisi leluhur Bapak Hj. Jen Kokop bersama masyarakat Menjaga elektlablitas hal-hal yang menjadi tradisi leluhur tanah Papua kaum muslimin sebagaimana mestinya dalam melakukan penjemputan Kuba masjid yang di kirim dari kota Sorong menuju Kampung Aranday, Distrik Aranday, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. Sabtu, (30/01/21).

Masyarakat yang terlibat dalam melakukan penjemputan Kuba Masjid Jami’ Al-Taqwa meliputi Distrik Aranday dan Distrik Yakora antusias dan Semangat masyarakat terlihat mulai dari kesiapan sampai pelaksanaannya.

Rute penjemputan rombongan Kuba Masjid dikirim dari kota Sorong menuju Kota Bintuni,Distrik Yakora,dan terakhir Distrik Aranday di sambut oleh masyarakat setempat dengan penuh kemeriahan hiasaan perahu belan di siapkan memuat Kuba masjid dan berbagai spritual tarian di tampilkan dalam perahu belan dengan suara bunyi tifa diikuti merdunya seruling khas leluhur sepanjang perjalanan kali mayado, kali Aranday.

“Rasa haru dengan penuh gembira melihat antusiasme masyakat yang terlibat menyambut rombongan kuba’ Masjid Jami’ Al – taqwa tradisi ini semoga tidak sampai pada saat ini saja tetapi harus berlanjut sampai turun temurun regenerasi,” kata Ichal Kokop.

MRK

Komentar

News Feed