oleh

Masih Dalam Suasana Covid-19, Puskesmas Tino Peringati Hari Kesehatan Dengan Suasana Berbeda

-Berita-30 views

JENEPONTO – Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 diperingati pada 12 November 2020.

Peringatan HKN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya meriah dengan sejumlah kegiatan lomba.

Itu disebabkan karena saat ini masyarakat dunia, khususnya Indonesia masih berada dalam suasana masa Pandemi Covid-19.

Sehingga, perayaan hari kesehatan tersebut diperingati dengan cara yang berbeda. Seperti berbagi masker yang dilakukan oleh Puskesmas Tino, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto.

“Bagi-bagi masker ini merupakan bagian dari peringatan HKN ke-56 yang diinisiasi oleh Dinkes Jeneponto dan dilaksanakan oleh masing-masing Puskesmas pada wilayah kerjanya,” kata Koordinator kegiatan, Edi Hermawan, Kamis (12/11/2020).

Perayaan HKN dengan berbagi masker tersebut menyasar sejumlah titik, salah satunya adalah tempat wisata.

Pada hari pertama bagi-bagi masker, Puskesmas Tino menyasar kawasan wisata Mangrove Idaman yang terletak di Desa Balang Baru, Kecamatan Tarowang.

Sejumlah pengunjung masih dijumpai belum menggunakan masker pada kawasan wisata itu, sehingga langsung dipakaikan masker.

Begitu juga dengan petugas yang berjaga pada kawasan tersebut. Dipakaikan masker dan diberi edukasi agar tidak menyepelekannya menggunakan masker.

Sejumlah titik sasaran seperti sarana pendidikan, kawasan pemukiman warga, jalan raya dan sarana ibadah juga tidak luput dari gerakan tersebut.

“Kami tidak sekedar membagikan masker kepada masyarakat, tetapi langsung memakaikannya. Kemudian disertai edukasi tentang manfaat masker dan cara memutus rantai penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Menurutnya, berbagi masker ini dimaksud agar masyarakat kian taat untuk menggunakan masker saat keluar rumah.

Sebab, menggunakan masker adalah salah satu cara untuk memutus rantai penyebab Covid-19 yang saat ini masih menghantui kita semua.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap masyarakat kian taat menggunakan masker, karena dimasa new normal ini, masker adalah salah satu hal wajib saat keluar rumah.

Pihaknya juga mengajak masyarakat agar tetap rutin mencuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak saat berada pada tempat-tempat keramaian.

Kegiatan serupa masih akan terus dilakukan pada tiga desa lainnya di wilayah Puskesmas Tino. Yakni Desa Tino, Desa Bonto Ujung dan Desa Balangkoe Tarowang dengan menjalin kerjasama dengan lintas sektor. (*)

Komentar

News Feed