oleh

Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-92, KNPI Distrik Teluk Patipi Kunjungi Kuburan Massal Perang Dunia Kedua

-Berita-24 views

FAKFAK – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Distrik Teluk Patipi, serta sejumlah warga berziarah ke salah satu kuburan massal korban pembantaian perang dunia kedua yang dilakukan oleh tentara Jepang terhadap masyarakat sipil Kota Fakfak.

Pada zaman perang dunia kedua, Kampung Patipi merupakan salah satu basis pertahanan Jepang dan di kampung Patipi pada saat itu banyak korban yang telah menemui shuhadanya, mereka di perlakuan dengan cara yang tak bermanusiawi yang dilakukan oleh tentara Jepang terhadap warga setempat.

Ketua KNPI Distrik Teluk Patipi.Kab. Fakfak. Moh. Ali Sagara, SKM memaparkan sejarah terkait nasib para masyarakat di Kampung Patipi, para penjajah menyiksa warga pribumi dengan cara memenggal.

“Selain itu, para wanita diperkosa lalu kemudian dibunuh oleh tentara Jepang, mereka yang syuhada hanya ingin membela tanah airnya Indonesia dan mereka yang menjadi korban bukan hanya dari agama Islam saja, tetapi ada juga dari non muslim,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Moh. Ali Sagara sebagai generasi muda dan anak cucu dari para syuhada, kami akan melanjutkan kepemimpinan dan perjuangan mereka maka dipandang perlu untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah mendahului kita.

“Saya mengajak semua, untuk selalu menghormati dan menghargai jasa para syuhada yang terlebih dahulu mendahului kita, semoga Allah SWT menempatkan mereka di tempat yang layak di sisinya”,tandasnya ketua KNPI.

(RKP)

Komentar

News Feed