oleh

KPU Pangkep Gelar Debat 4 Paslon Bupati dan Wabup Pangkep

-Berita, Politik-72 views

PANGKEP – KPU Kabupaten Pangkep melaksanakan debat publik 4 Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil bupati Kab. Pangkep Periode 2020-2025.

Debat publik bertempat di Hotel Gammara Lantai 1 Ball Room Eboni Jalan. Metro Tanjung Bunga Kel. Lette Kec. Mariso Kota Makassar, dipandu Prof Dr. Ikbal Sultan (Moderator). Minggu, 01 November 2020.

Adapun 4 paslon Bupati dan Wabup Pangkep 2021-2026, adalah :
1) Muhammad Yusran Lalogau dan H. Syahban Sammana, SH (Paslon No Urut 01)
2) Drs. H. Abd. Rahman Assagaf, M I.Kom dan Ir. Muammar Muhayang, ST, M.M, IPM, ASEAN Eng (Paslon No Urut 02)
3) Andi Ilham, ST dan Hj. Rismayani (Paslon No Urut 03)
4) Andi Nirwanti dan H. M. Lutfi Hanafi (Paslon No Urut 04)

Sambutan Burhan A. SH. Ketua KPU Pangkep menuturkan kegiatan ini diselenggarakan di pandemik Covid-19 tentu selain dari pada regulasi pemilihan yang harus diikuti juga tentunya yang sangat penting mengikuti protokol kesehatan, bagaimana senantiasa memakai masker dan menjaga jarak.

“Saya kira kegiatan di pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 ini telah banyak kegiatan yang telah kita laksanakan dan telah berjalan dengan baik Alhamdulillah Rabbil Alamin, pelaksanaan kegiatan ini pemilihan ini sangat berbeda, dengan adanya pandemik Covid-19,” paparnya

Ditambahkan, dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Pangkep banyak pihak yang menginginkan untuk orang berkumpul tetapi karena pandemik tidak menginginkan untuk selalu berkumpul dengan orang yang banyak.

“Olehnya itu tentu kami dari penyelenggara tetap selalu mengingatkan kepada bapak, Ibu sekalian khususnya kepada pasangan calon peserta tim untuk selalu mengingatkan agar kita menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam melaksanakan Pilkada tahun 2020,”
Kandas Burhan A. SH.

Untuk peserta debat dibatasi dan hanya terdiri dari :
– Pasangan calon Bupati.
– 2 orang perwakilan Bawaslu
– 4 orang Tim Kampanye masing –
masing paslon
– 5 orang anggota KPU Kabupaten
Pangkep

Panelis dari akademisi diantaranya:
– Prof. Syahruddin Nawi
– DR. Ibrahim, S.Ag.,M.Pd
– DR. Khaerul Mannan, SH.,MH
– Silahuddin Genda
– Rosniati Azis

Debat dibagi 4 segmen meliputi,
Segmen 1 pemaparan visi dan misi
Paslon Bupati dan Wabup Pangkep.

Visi dan Misi Paslon No 1 :
Visi : Sejahtera, Unggul, Berdaya Saing dan Religus Berbasis Sumber Daya Lokal Berkelanjutan.

Misi :
a) Memantapkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap program program pembangunan, menunjang percepatan yang berbasis pada nilai agama yang toleran dan berbudaya lokal.

b) Memperluas inovasi dan birokrasi demi tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, akuntabel dan demokratis berbasis teknologi informasi.

c) Mengembangkan ekonomi masyarakat berbasis pertanian, kelautan, perikanan, pariwisata dan industri kreatif dengan didukung infrastruktur berbasis wilayah.

d) Meningkatkan SDM yang sehat, cerdas dan produktif.

e) Meningkatkan tata kelola SDA yang berdasarkan perencanaan tata ruang wilayah yang berbasis lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Visi dan Misi Paslon No.2 :
Visi :
Mewujudkan Pangkep Yang Religus. Adaptif, Maju, Adil, dan Humanis.

Misi :
a) Mewujudkan SDM yang sehat, prestasi, mandiri, berkarakter berbudaya yang dijiwai nilai – nilai keagamaan.

b) Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional bersih, efektif, responsif dan terpercaya.

c) Meningkatkan struktur ekonomi yang kuat untuk menggerakkan produktivitas perekonomian yang tangguh berbasis potensi daerah.

d) Mewujudkan pembangunan adil dan merata yang berbasis kawasan yang mengoptimalkan SDA didukung oleh teknologi serta infrastruktur yang berkualitas.

e) Meningkatkan kehidupan bermasyarakat yang tenteram dan damai melalui pemenuhan kebutuhan pangan, sandang dan papan dan lingukngan yang lestari.

Visi dan Misi Paslon No 3
Visi :
Pangkep Unggul, Sejahtera, Berkarakter dan Religus.

Misi:
a) Menjadikan SDM yang tangguh, konpetitif berdaya saing yang tinggi dan produktif mampu secara maksimal mengelola SDA.

b) Memastikan upaya terarah, terpadu berguna dan berkelanjutan bentuk pelayanan sosial untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup layak.

c) Meningkatkan peran serta pemerintah dalam menjunjung tinggi harkat dan martabat nilai nilai tatanan budaya dan adat sebagai identitas daerah.

d) Menjaga sikap dan prilaku kehidupan yang patuh beribadah dan berahklak mulia sesuai kaidah agama, toleransi beragama dan hidup rukun

Visi dan Misi Paslon No 4 :
Visi :
Pembangunan SDM Yang Unggul dan Pemanfaatan SDA Yang Berkelanjutan Menuju Pangkep Yang Sejahtera.

Misi :
a)Tingkatkan potensi maritim sebagai sumber PAD.

b) Memperkuat kemandirian ekonomi kerakyatan dengan memberdayakan UMKM dan sektor ekonomi kreatif.

c) Menjadikan Kab. Pangkep sebagai pusat pariwisata tiga dimensi.

d) Meningkatkan pendidikan yang berkualitas secara merata serta menciptakan pola adaptif dalam pendidikan dasar dan menengah selam masa pandemi.

e) Menyediakan sarana dan pelayanan kesehatan yang paripurna terjangkau dan manusia secara berkesinbungan serta pencanangan Kab Pangkep sebagai zona bebas Covid -19.

f) Menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersi dan melayani.

Usai pemaparan Visi dan misi para Paslon Bupati dan Wabup Pangkep selanjutnya di Segmen 2 meliputi, Pendalaman visi misi masing – masing 4 paslon.

Selanjutnya, di Segmen 3 pendalaman materi oleh masing masing paslon, pertanyaan yang telah dibuat para panelis.

Berikut, Segmen 4 debat antar 4 paslon Bupati dan Wabup Pangkep.

Adapun materi tema sesuai penjabaran Visi dan Misi 4 Paslon Bupati dan Wabup Pangkep meliputi : Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Memajukan daerah, Meningkatkan pelayanan masyarakat, Menyelesaikan persoalan daerah, Menyerasikan pelaksanaan pembangunan kabupaten/kota, Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebangsaan, Upaya paslon dalam penanganan Covid-19.

Hadir dalam debat publik ini antara lain : Syamsir Salam, S,Ag, M.Ag Ketua Bawaslu Pangkep. AKBP. Endon Nur Cahyo, SIK. Kapolres Pangkep. Letkol Adi Sabaruddin, S, SOS. Dandim 1421/Pangkep. Amina, A.Md. Komisioner Div. Teknis KPU Pangkep. Rohani, S.Pd.i Komisioner Div. Data KPU Pangkep. Syaiful Mujib, SE. I. Komisioner Div. Sosalisasi dan Parmas KPU Pangkep. Saharuddin Hafid, Spd. Komisioner Div. Hukum KPU Pangkep. Sekitar 70 orang Tamu undangan diantaranya masing – masing LO dan Ketua Tim Sukses Paslon.

(Tim)

Komentar

News Feed