oleh

Video Confrence Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Akkhir Oktober 2020

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar Rapat kordinasi (Rakor) secara Virtual melalui Vidio Confrence terkait antisipasi penyebaran Covid-19 saat libur panjang akhir Oktober 2020,

Rakor ini dipimpin Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P. Menkopolhukam di War Room meeting Lt 10 Jl. Ahmad Yani Kec. Ujung Pandang Kota Makassar, 22 Oktober 2020.

Pasalnya, 27 Oktober 2020 malam diperkirakan akan terjadi kemacetan Lalu lintas, untuk itu kordinasi sangat dibutuhkan antara pihak TNI-POLRI dan unsur terkait dalam penanganan kemacetan.

Prof Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P., dalam arahannya mamaparkan kita akan menghadapi libur panjang tingkat kerawanan penyebaran Covid-19 harus di waspadai, pemerintah harus lebih ketat lagi masalah protokol kesehatan Krn banyak penumpukan dan keramaian sehingga berpotensi peningkatan Covid-19.

“Maulid Nabi Ini harus diantispasi jangan sampai menimbulkan peningkatan klaster Covid-19 jadi harus menekankan betul” protokol kesehatan harus di patuhi”, ujar Mahfud MD dalam arahannya.

Ditambahkan seluruh pimpinan kepala daerah harus berkoordinasi dalam kegiatan libur panjang jgn sampai terjadi peningkatan Covid-19.

“Maulid Nabi adalah sama dengan ulang tahun,kelahiran Nabi jadi perlu kita menjadi contoh dan memperbaiki diri kita masing masing agar lebih baik lagi”, himbau Mahfud MD.

Sementara itu, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Mendagri RI menuturkan di ketahui bersama minggu depan ada cuti dan libur bersama perlu di antisipasi jangan sampai terjadi peningkatan penyebaran Covid-19.

“Perlu antisipasi libur panjang jangan sampai penyebaran covid-19 selama pelaksanaan dari tanggal 28-30 Oktober 2020 yang berdekatan hari sabtu dan hari Minggu akan menimbulkan klaster terbaru,” himbau Muhammad Tito Karnavian.

Dikandaskan masalah kegiatan pariwisataan yang perlu di waspadai karena tingkat keramaian sangat tinggi.

KiKi Letnan Jenderal TNI Doni Monardo. Kepala BNPB mengungkapkan Presiden RI memerintahkan harus bekerja keras dalam penangan Covid-19, sekarang sudah ada penurunan.

Dilanjut, momentum ini tidak bisa lengah dan tidak bisa lalai dalam pelaksanaan penanganan Covid-19.

“Saya memberi apresiasi kepada Forkopimda Provinsu dan Kota dan unsur elemen terkait sudah membantu pemerintah dalam penangan covud-19 sehingga angka peningkatan menurun”, ujar Doni Monardo.

Dikandaskan, antisipasi cuti bersama lokasi dan aktivitas yg perlu di waspadai meliputi, Tempat Wisata, Tempat ibadah serta kegiatan Keagamaan, Kegiatan Kampanye yang mengandung keramaian. Kunjungan keluarga/kerabat. Pusat perbelanjaan. Pasar Tradisional. Tranportasi umum (Stasiun, Terminal).

Ir. Budi Karya Sumadi. Menteri Perhubungan RI. Menjelaskan Sabtu pihaknya mengumpulkan seluruh Kadishub seluruh Indonesia untuk membahas masalah hari libur bersama.

Dipaparkan, 27 Oktober 2020 malam akan terjadi kemacetan Lalu lintas dan kami akan berkordinasi juga dgn pihak TNI-POLRI dan unsur terkait dalam penanganannya.

“Kami mohon kepada Gubernur TNI – POLRI dan unsur terkait untuk membantu anggota kami di lapangan Krn TNI- POLRI sangat di butuhkan”, himbaunya.

Mayjen Imam.B. Asops Kapolri memaparkan Polri sudah menyiapkan pasukan dalam penanganan libur bersama.

Tradisi masyarakat, lanjut Imam yang melaksanakan mudik di hari raya keagamaan maka terdapat kemungkinan adanya kemacetan arus mudik pada libur panjang tsb.

“Kekuatan personil yang sudah disiapkan dari TNI-POLRI dan Unsur terkait”, paparnya seraya menambahkan meningkatkan Ops Yustisi pada daerah yang menjadi pembengkakan, dilalui maupun tujuan aktivitas mudik masyarakat serta pada tempat wisata.

Memaksimalkan peran ormas, himbaunya mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Dikandaskan dari kegiatan masyarakat sangat rawan terjadinya kerumunan masyarakat sehingga terjadi pelanggaran protokol kesehatan.

Dari Pihak TNI. Letjen TNI Jony Suprianto. Kasum TNI mengungkapakan Pemerintah menyiapkan paksin Covid -19 adalah salah satu meningkatkan imunitas tubuh.

Dia menghimbau seluruh masyarakat agar taat dgn aturan pemerintah sehingga Covid-19 cepat hilang.

“TNI POLRI dan unsur terkait harus konsisten dalam penanganan covid-19 jangan sampai kendor”, tandas Jony Suprianto.

Ikut hadir di kegiatan ini, antara lain, Ir.M.Ansar,M.Si. Sekda Kota Makassar, Letkol Inf Muhammad Adnan. Kasdim 1408/BS. Akbp Ahmad. Mewakili Kapolrestabes Makassar, Mayor Cpm Najamuddin Wadandenpom XIV/4 Makassar. Mayor Laut Amin. Mewakili Dansatrol VI/Makassar, Kompol Gani . Kabag Ops Polres Pelabuhan Makassar, Nasruddin. Dinas Pariwisata Kota Makassar, Mariyani. Mewakili Dinas Kesehatqn Kota Makassar. H.Aswis Badwi. Kabag Kesra Kota Makassar.

(Tim)

Komentar

News Feed