oleh

Kembalikan Kejayaan Komoditas Unggulan Sulsel Berdaya Saing Tinggi

MAKASSAR – Mengembalikan Kejayaan Komoditas Unggulan Sulawesi Selatan yang Berdaya Saing Tinggi demikian tema Hari Jadi Sulsel ke 351 Tahun 2020.

Hari Jadi Sulsel digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam bentuk Rapat Paripurna WITA bertempat di Ruang Paripurna Lantai III, Kantor DPRD Prov. Sulsel Jalan. Urip Sumoharjo Kota Makassar, Senin, 19 Oktober 2020.

Sambutan Ketua DPRD Sulsel sementara, Andi Ina Kartika Sari SH. M.Si menuturkan atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD Provinsi Sulsel mengucapkan selamat Hari Jadi Sulsel yang ke 351 Tahun 2020 baik secara langsung maupun secara Virtual.

“Harapan yabg sangat besar untuk kita semua semoga kedepanya sulsel semakin maju dan sejahtera Amin”, harap Andi Ina Kartika Sari.

Meskipun, lanjutnya perayaan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya di karenakan masih dalam kondisi Covid-19 namun hal itu tidak mempengaruhi semangat untuk tetap merayakan hari jadi Provinsi Sulsel yang sama kita Cintai.

“Dalam Waktu dekat ini kita akan menyongsong Pilkada di beberapa daerah yg ada diwilayah Sulsel, untuk itu mari kita bersama mensukseskanya”, kandasnya.

Gubernur Sulsel, Prof. DR..Nurdin Abdullah dalam sambutannya segenap keluarga besar Pemprov Sulsel mengucapkan selamat hari jadi Sulsel yang ke 351 Tahun 2020.

Tahun 2020 ini, menoreh sejarah tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia di muka bumi ini, Pandemi Covid 19 telah mampu merubah adaptasi kebiasaan kita semua untuk terus mengedepankan pola hidup bersih dan sehat dalam bingkai protokol kesehatan.

“Oleh karena itu, apapun kehendak sang Maha Pencipta, mari kita senantiasa bersyukur atas segala nikmat terkhusus nikmat kesehatan jasmani sehingga melalui adaptasi kebiasaan baru ini, Pemerintah dan Masyarakat Sulsel masih dianugerahkan kesempatan untuk bersama-sama memperingati hari jadi Sulawesi Selatan yang ke 351, tanpa mengabaikan kesakralannya sebagai upaya pelestarian budaya masyarakat Sulawesi Selatan”, ujar Nurdin Abdullah.

Dia tambahkan penyelenggaraan hari jadi tentunya menjadi ajang refleksi dan introspeksi bagi segenap masyarakat Sulawesi Selatan, terkhusus kepada jajaran eksekutif dan legislative terkait sejauh mana kita bersama-sama telah berupaya maksimal mendorong dan mewujudkan harapan masyarakat agar Sulawesi Selatan ini tetap merasa bangga sebagai masyarakat Sulawesi Selatan.

“Karena Sulsel maju dan berkembang serta lebih kompetitif dalam berbagai aspek kehidupan, baik sosial budaya maupun ekonomi serta dari sisi ketersediaan infrastruktur layanan public adalah PR kita bersama”, paparnya.

Pandemi Covid-19. urainya telah memberikan tekanan yang sangat luar biasa terhadap seluruh sendi kehidupan masyarakat termasuk penyelenggaraan pemerintahan. Namun di Sulawesi Selatan secara perlahan bangkit berkat sinergitas serta semangat kebersamaan yang telah mengkultur dan diwariskan oleh para leluhur.

Dikandaskan, selain berbagai pencapaian pembangunan dan sinergitas yang telah diimplementasikan, terdapat pula sektor yang mengalami kontraksi pertumbuhan ditengah pandemi covid-19. Sektor dimaksud adalah sector konstruksi, perdagangan dan Industri. Untuk itu, alokasi program PEN pemerintah pusat menjadi solusi untuk pemulihan sektor tersebut.

“Oleh karena itu Pemerintah Provinsi yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat yang ada di daerah berkewajiban untuk memberikan Bantuan Keuangan yang bersifat khusus kepada Pemerintah Daerah dengan alokasi saat ini sekitar Rp. 600 milyar lebih”, ujar H.M Nurdin Abdullah

Dalam kesempatan ini, H.M Nurdin Abdullah memberikan Kado Hari Jadi Prov.Sulsel antara lain Rest Area di Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Sidrap serta Kado Subsidi Transportasi Udara untuk jalur ke Bandara Buntu Kunik Toraja, Bandara Bua Luwu dan Bandara H. Aroepala Selayar.

Turut Hadir dalam kegiatan ini antara lain, Prof. Dr. H. M. Nurdin Abdullah M.Agr. Gubernur Prov.Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, S.T. Wagub Sulsel, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E. Pangdam XIV/Hasanuddin. Marsda TNI Minggit Tribowo,S.I.P. Pangkoopsau II. Irjen Pol. Merdisyam, Kapolda Sulsel beserta Ibu. Marsma TNI Ian Fuady Pangkosekhanudnas II. Laksma TNI TNI Benny Sukandari Danlantamal VI/Makassar, DR. Firdaus Dewilmar, SH, M. Hum . Kajati Sulselbar, Dr. Abdul Hayat Gani, M.si, Sekda Provinsi Sulsel
Prof.Dr.Ir.Rudy Djamaluddin. Pj. Walikota Makassar. K. H Sanusi Baco Lc, Ketua MUI Prov. Sulsel. Serta Para Anggota DPRD Provinsi Sulsel. Para Forkopimda Sulsel. 100 orang tamu undangan.

(Tim)

Komentar

News Feed