oleh

Agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2021

MAROS – Rapat Paripurna DPRD Kab. Maros dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2021, yang di pimpin oleh H.A.Patarai Amir, SE. Ketua DPRD Maros, Senin, 21 September 2020 bertempat di Ruang Rapat Utama DPRD Maros, Jl. Lanto Dg. Pasewang, Kel. Turikale, Kec. Turikale, Kab. Maros.

Bupati Maros. Ir.H.M.Hatta Rahman,MM. dalam sambutannya apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para unsur pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat karena telah meluangkan waktu untuk mengagendakan rapat paripurna hari ini.

Adapun tujuan penyusunan KUA dan PPAS dimaksudkan meliputi
tersedianya dokumen kegiatan pembangunan tahunan agar berbagai kegiatan pembangunan terarah dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, menjamin terciptanya keterkaitan, konsistensi dan sinergitas antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan antar wilayah antar sektor pembangunan dan antar tingkat pemerintah secara terpadu baik ditingkat Pusat, Provinsi maupun Kabupaten.

Dalam pemaran H.M.Hatta Rahman, sebagai pedoman dalam penyusunan prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) tahun anggaran 2021 yang selanjutnya akan dijadikan pedoman bagi seluruh perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja anggaran

Sebagai dasar penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten maros tahun 2021.

Adapun arah kebijakan belanja daerah tahun 2021 meliputi. Mengupayakan penghematan, efesiensi dan efektivitas anggaran belanja secara proporsional yang berdampak kuat terhadap pencapaian prioritas pembangunan daerah dan dampak luas terhadap kepentingan masyarakat.

“Belanja Daerah. dititikberatkan kepada prioritas pembangunan daerah sesuai dengan yang termuat dalam RKPD Kab.Maros Tahun 2021”, tandas H.M.Hatta Rahman.

Sementara itu, Pembacaan Laporan pembahasan Rancangan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran sementara Tahun 2021 oleh H.Rahmat Hidayat, SE (PKS) mengungkapkan dasar pembentukan Badan Anggaran ini dibentuk berdasarkan Keputusan DPRD Kab. Maros Nomor 15/ KPTS/ DPRD/X/ 2019 tentang Penetapan Nama-nama Badan Anggaran DPRD Kab. Maros Tahun 2019. Waktu Pembahasan dilaksanakan tanggal 17 s/d 18 September 2020.

Diuraikan. Kebijakan keuangan daerah tahun anggaran 2021 difokuskan pada kebijakan peningkatan kapasitas fiskal dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Dipaparkan. Kebijakan di bidang pendapatan diharapkan mampu mendukung pemulihan dunia usaha dan optimalisasi inovasi kebijakan di bidang pendapatan untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Lanjut, kebijakan belanja daerah diarahkan untuk pemenuhan kebijakan belanja wajib khususnya bidang peningkatan kualitas SDM, pemulihan dan penguatan system kesehatan dan program perlindungan sosial dalam rangka penerapan tatanan normal baru, produktif dan aman Covid-19.

Dipaparkan asumsi dasar yang digunakan dalam penyusunan APBD Kabupaten Maros Tahun Anggaran 2021 agar sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan maka dalam RKPD ditetapkan tema pembangunan 2021 yaitu “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Peningkatan Kualitas Hidup. Kualitas SDM, dan Daya Saing Daerah”.

Rapat Paripurna dilanjutkan Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2021 oleh Ketua, Wakil Ketua DPRD Maros dengan Bupati Maros.

Rapat paripurna ini mendapatkan persetujuan oleh seluruh Anggota DPRD Maros.

Ikut hadir di Rapat Paripurna ini sejumlah pejabat di Kab.Maros diantaranya Hj.Fatmawati.S.M. Wakil Ketua II DPRD Maros. Partai Nasdem, Kompol Dr.H. Muhammadong, SE.,MM. Wakapolres Maros. mewakili Kapolres. Mayor Inf Basuki Rahmat . Kasdim 1422 Maros mewakili Dandim. Andi Arli Muchtar, SH.,MH . Kasubag.Bin Mewakili Kejaksaan. Para Ketua Komisi dan Anggota DPRD Maros Para Asisten, Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Maros.

(Tim)

Komentar

News Feed